Upaya Peningkatan Kerjasama Perdagangan RI dengan Prefektur Wakayama

9

Pada tanggal 19 April 2016 Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI dan Gubernur Wakayama telah menandatangani Pernyataan Bersama mengenai peningkatan kerjasama ekspor.  Penandatangan tersebut disaksikan oleh Sekjen Kemdag dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Dalam pernyataan pers-nya, Dirjen PEN mengharapkan penandatangan pernyataan bersama ini menjadi langkah awal kedua belah pihak menjajaki berbagai peluang kerjasama untuk meningkatkan ekspor ke dua belah pihak, melalui pertukaran informasi mengenai pengembangan produk ekspor, pameran dan seminar, partisipasi dalam pameran perdagangan internasional, serta pertukaran misi dagang dan tenaga ahli dalam pengembangan ekspor dan produk. Prefektur Wakayama memiliki potensi di bidang  industri manufaktur dan pariwiswata, untuk itu diharapkan Wakayama dapat menjadi hub Indonesia dalam memasukkan produk furniture, kerajinan tangan, spa dan produk herbal.

IMG_2091

Gubernur Wakayama, Mr. Yoshinobu Nisaka dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia kali ini membawa sejumlah 23 pengusaha Wakayama. Penandatanganan tersebut bagi Wakayama menunjukkan minat yang besar dari para pengusaha Wakayama untuk berbisnis dengan Indonesia. Gubernur Wakayma berharap penandatangan pernyataan bersama antara Prefektur Wakatama (tingkat pemda) dan Dirjen PEN Kemdag(tingkat pusat) dapat memperluas peluang bagi Wakayama dalam mencari mitra bisnis yang sesuai dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam kunjungan kerja ke Indonesia tersebut, Gubernur Wakayama juga melakukan pertemuan dengan Ketua KADIN Komite Jepang, Mohammad Lutfi; dan juga melakukan kegiatan promosi perdagangan dan pariwisata Wakayama. Dalam pertemuan tersebut Ketua KADIN Komite Jepang menyambut baik upaya Prefektur Wakayama meningkatkan kerjasama perdagangan dan pariwisata dengan Indonesia dan akan mendukung kegiatan yang mencakup upaya business matching pebisnis kedua belah pihak.

IMG_2077

Sehari sebelumnya, Gubernur Wakayama melakukan kunjungan ke Aceh dan membuka Wakayama Corner di Museum Tsunami Aceh, serta memberikan kuliah umum terkait penanggulangan bencana tsunami  di Universitas Bina Nusantara.

9

インドネシア語のみ

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.