KONDISI EKONOMI INDONESIA TETAP MENJANJIKAN BAGI CALON INVESTOR ASING

9

KJRI Osaka dengan didukung oleh Pemerintah Prefektur Osaka, Kankeiren dan Osaka – Indonesia Business Support Network (OIBN) pada tanggal 7 April 2016 telah menyelenggarakan kegiatan Seminar Perekonomian Indonesia: Kebijakan Investasi, Keimigrasian dan Perpajakan serta Kesiapan Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN. Seminar diikuti oleh 84 pebisnis dari wilayah Kansai serta beberapa pejabat Pemerintah Prefektur Osaka dan Duta Besar untuk wilayah Kansai, Akira Miwa.  Sebagai narasumber dalam seminar dimaksud adalah: Staf Ahli Kebijakan Penerimaan Negara, Kementerian Keuangan RI; Duta Besar Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN; Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM; Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk Asia Timur dan Atase Imigrasi KBRI Tokyo.

Kegiatan dibuka oleh Konjen RI Osaka dan Executive Director Growth Industry Promotion Office Pemerintah Prefektur Osaka, Mr. Kitao Yasumi; dan sebagai tamu kehormatan Duta Besar RI untuk Jepang menyampaikan keynote speech dalam seminar tersebut. Dalam keynote speech pada intinya disampaikan bahwa hubungan Indonesia – Jepang yang sangat erat dengan ditandai oleh saling kunjung pejabat pemerintah maupun pebisnisnya telah menopang hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi Jepang di Indonesia.  Prediksi Bank Dunia akan pertumbuhan perekonomian Indonesia sebesar 5.3% di tahun 2016 mencerminkan kepercayaan dunia akan fundamental ekonomi Indonesia dan menjadi salah satu kekuatan Indonesia dalam menghadapi pasar bebas, diantaranya dengan mulai diberlakukan pasar bebas Asia Tenggara (MEA) di akhir 2015 yang lalu.

Para peserta yang hadir cukup antusias, dan dalam sesi tanya jawab banyak memberikan perhatian pada masalah dampak berkurangnya sumber daya alam Indonesia terhadap perekonomian Indonesia; masalah DNI khususnya untuk bidang e-commerce, serta dampak semakin tingginya pergerakan manusia dan tenaga kerja di pasar bebas Asia Tenggara bagi Indonesia.

Sebelum seminar berakhir, juga terdapat paparan success story dari Sango Metal Industry Co. Ltd, sebuah perusahaan UKM di Osaka yang men-supply peralatan baterai bagi perusahan elektronik di Jepang dan juga di Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan networking bisnis.

4

3

2

1

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.