Seminar Investasi Indonesia di Wakayama 29 Februari 2016

8

Bekerja sama dengan Pemerintah Prefektur Wakayama, KJRI Osaka pada tanggal 29 Februari 2016 menyelenggarakan Seminar Investasi Indonesia di Wakayama. Seminar ini merupakan tindak lanjut dari penyelenggaraan Business Lunch Meeting bulan Januari lalu sekaligus persiapan untuk rencana kunjungan Gubernur Wakayama ke Indonesia bulan April mendatang. Sebagai narasumber dalam seminar dimaksud adalah DIrektur Promosi Sektoral, BKPM.
Dalam sambutan pembukaannya, Gubernur Wakayama, Mr. Yoshinobu Nisaka menyampaikan bahwa pada bulan April mendatang beliau akan membawa misi ekonomi ke Indonesia, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama peningkatan promosi perdagangan dengan Kementerian Perdagangan, serta pertemuan dengan pebisnis Indonesia. Konsul Jenderal RI dalam sembutan pembukaannya menyampaikan kegembiraannya bahwa Pemerintah Prefektur Wakayama saat ini mulai mendorong para pelaku usahanya, termasuk sektor UKM untuk melakukan ekspansi ke luar negeri dimana Indonesia menjadi salah satu negara sasaran. Diharapkan bahwa hal tersebut akan membuka peluang kerjasama baru khususnya bidang ekonomi yang membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Konjen RI juga menegaskan bahwa kondisi politik, keamanan dan ekonomi Indonesia stabil sehingga tidak perlu ada kekhawatiran dari investor dan pebisnis asing.
Paparan Direktur Promosi Sektoral BKPM menyampaikan beberapa hal berikut: di tengah melambatnya ekonomi global, realisasi investasi di Indonesia terus meningkat, di tahun 2015 meningkat 17.8% dibanding tahun sebelumnya; perlu mendorong investasi Jepang di luar bidang industri dan otomotif, antara lain di bidang industri hilirisasi minyak dan gas, industri kimia, industri karet, telekomunikasi dan juga mengembangkan kawasan ekonomi khusus dan kawasan industri; melalui Pelayanan Terpadu Satu Atap dimana terdapat 22 kementerian yang berkantor di BKPM untuk menangani masalah perijinan investasi diharapkan proses perijinan akan semakin mudah dan cepat.
Dalam seminar tersebut juga menghadirkan pembicara dari Jetro Tokyo, Mr. Manabu Tsukada dan success story dari Managing Director Nakano Tekko Co. Ltd, Mr. Masaharu Nakano. Seminar dihadiri oleh 70 pebisnis di wilayah Prefektur Wakayama.
IMG_0378

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.