Ikan Tuna Indonesia menarik pengunjung di Seafood Show Osaka ke-13 2016

8

Pada tanggal 18 – 19 Februari 2016, KJRI Osaka berpartisipasi dalam pameran Seafood Show Osaka ke-13 yang diselenggarakan di ATC Hall Osaka, dengan memfasilitasi 2 perusahaan yang bergerak di bidang produk ikan dan hasil laut, yaitu PT Fresh on Time Seafood dari Bogor dan CV Giovanni Sukses Makmur dari Pasuruan, Jawa Timur. Walau kedua perusahaan tersebut telah memiliki kontak bisnis dengan Amerika Serikat dan Eropa namun mengikuti pameran di Jepang adalah untuk yang pertama kalinya. DIharapkan dengan mengikuti pameran ini, dapat terbuka peluang kerjasama dengan Jepang, khususnya wilayah Jepang Barat.

Pameran Seafood Show Osaka di tahun 2016 ini adalah juga untuk yang pertama kalinya diikuti oleh Indonesia. Indonesia menjadi salah satu perserta internasional, selain Filipina, Viet Nam, Senegal dan India. Pameran diikuti oleh 195 perusahaan yang menampilkan berbagai jenis ikan dan hasil laut segar, makanan hasil laut yang diproses dan mesin-mesin teknologi terkini untuk pengolahan ikan. Pada hari pertama, pameran yang juga diselenggarakan secara bersamaan dengan Pameran Agrifood, dikunjungi 8.201 orang.
Booth Indonesia menampilkan produk segar ikan tuna, precooked skipjack tuna, udang, octopus, ebi fry dan pasteurized crab meet. Pengunjung booth Indonesia dalam 2 hari pameran sangat banyak, dan tertarik untuk mencicipi ikan tuna segar.
Sehari sebelum berlangsungnya pameran, atas permintaan Pemerintah Propinsi Jatim, KJRI Osaka telah memfasilitasi kunjungan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim dan CV Giovanni Sukses Makmur untuk mengunjungi Pasar Ikan serta pengolahan ikan di Katsuura, Prefektur Wakayama. Kunjungan tersebut diharapkan bermanfaat untuk menambah pengetahuan terkait sistem pelelangan ikan tuna yang dikelola oleh Koperasi Perikanan di Wakayama, serta proses yang dilakukan oleh perusahaan pengolahan ikan di Wakayama dalam mengolah ikan tuna dan menjaga kualitas serta kesegarannya.

IMG_0060

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.