Simposium “Kelapa Sawit dan Asap di Riau”, Universitas Doshisa, Kyoto

8

Universitas Doshisha pada tanggal 23 Januari 2016 telah menyelenggarakan sebuah simposium yang berjudul “Kepala Sawit dan Asap di Riau Indonesia”. Topik ini dipilih menjadi tema symposium ke-88 karena kelapa sawit (palm oil) merupakan industri penting dalam perekonomian Indonesia dan menjadi topik yang mendunia dengan peristiwa kebakaran hutan. Universitas Doshisa juga telah cukup lama melakukan penelitian di Indonesia dalam bidang industri dan perkebunan kelapa sawit khususnya di Riau.

Simposium yang dihadiri oleh sekitar 80 mahasiswa dan akademisi tersebut dibuka oleh Profesor Hiroshi Okabayashi, Director for Study of Humanities and Social Science Doshisha University dan Konjen RI Osaka. Hadir sebagai pembicara pada Simposium tersebut adalah : Prof. Hideki Hayashida, Ahli dan Peneliti Kelapa Sawit Univesitas Doshisha, Assc. Prof. Junji Nagata (Graduate School of Tokyo University), Prof. Kazuo Watanabe (Research Institute for Humanity & Nature) dan Prof. Kazuya Masuda (Fakultas Pertanian Kochi University).

Konjen RI Osaka dalam sambutannya menyampaikan industri minyak kelapa sawit merupakan salah satu industri strategis di bidang pertanian di Indonesia (agrobased industry). Prospek perkembangan industri minyak kelapa sawit saat ini sangat pesat, dimana terjadi peningkatan jumlah produksi kelapa sawit seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. Selain itu, disampaikan mengenai keseriusan Pemerintah Indonesia dalam penanganan kebakaran hutan antara lain; pemberlakuan payung hukum, penegakan hukum dengan penetapan tersangka baik individu maupun korporasi, pemetaan wilayah/ titip api, dan berbagai kerja sama internasional penanggulangan asap.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.