PELUANG KERJASAMA EKONOMI DENGAN UKM WAKAYAMA

9

Sebagai bagian dari upaya menjajagi peluang kerjasama bidang usaha kecil dan menengah antara Indonesia dengan Prefektur di Wakayama, pada tanggal 27 Januari 2016, Konjen RI Osaka telah mengadakan pertemuan dengan para pelaku bisnis di Wakayama, yang diwakili oleh 5 orang perwakilan dari asosiasi ekonomi (Federasi UKM Wakayama, Kadin Wakayama, Wakayama Industry Promotion Foundation, Asosiasi Manajemen Wakayama) dan 13 orang wakil dari perusahaan yang bergerak di bidang semikonduktor, tinta, produk molding, mesin tekstil, minyak beras, pupuk ramah lingkungan, karet untuk keperluan industri, organic fertilizer, zinc product, peralatan kebersihan, perbankan dan sekolah bahasa Jepang; serta perwakilan dari kantor Pemerintah Prefektur Wakayama. Konjen RI Osaka juga didampingi oleh Wakil Direktur ITPC Osaka.

Dalam pertemuan tersebut, Konjen RI Osaka menyampaikan bahwa meskipun di tahun 2015 perekonomian Indonesia melambat sejalan dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi global, diperkirakan pada tahun 2016 pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada dalam rentangan 5.2 – 5.6% meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 4.8%. Oleh karenanya peluang kerjasama ekonomi dengan Indonesia tetap akan terbuka luas dan menjanjikan. Terlebih dengan telah berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN, maka melakukan kegiatan ekonomi dengan Indonesia dengan menjadikannya sebagai pasar maupun basis produksi, juga akan semakin membuka kesempatan yang luas untuk mendapatkan manfaat yang sama dari negara-negara di ASEAN secara keseluruhan.

Bagian Perencanaan Kantor Pemerintah Prefektur Wakayama memberikan informasi bahwa Prefektur Wakayama mulai tahun lalu semakin giat untuk membuka diri dan mendorong para pelaku bisnis sektor UKM untuk menembus pasar internasional. Salah satu negara yang dipandang potensial adalah Indonesia, dan untuk itu berharap bahwa kerjasama dengan Indonesia di 2016 dan tahun mendatang akan semakin erat. Guna mendorong hal tersebut, prefektur Wakayama tengah menjajaki pembuatan MoU dengan Indonesia dalam peningkatan perdagangan dan investasi. Direncanakan pula pada April 2016, Gubernur Wakayama akan melakukan kunjungan ke Indonesia untuk maksud tersebut.

Dalam diskusi, diperoleh informasi produk yang dapat dikerjasamakan lebih lanjut adalah pupuk ramah lingkungan, tinta printer untuk keperluan industri, minyak dari beras untuk makanan kesehatan dan kosmetik, serta produk karet untuk industri. Pihak Kadin Wakyama juga menyampaikan minatnya untuk memasuki pasar produk halal di Indonesia.

Untuk mengkonkretkan upaya kerjasama tersebut, direncanakan pada bulan Februari 2016 akan dilaksanakan seminar ekonomi mengenai Indonesia sekaligus kegiatan business matching.

Setelah pertemuan tersebut, Konjen RI Osaka juga berkesempatan menemui beberapa pelajar Indonesia yang tengah belajar bahasa Jepang di Wakayama. Dalam kesempatan kepada para pelajar itu tak lupa diingatkan kembali pentingnya melakukan lapor diri ke kantor perwakilan RI di Osaka, yang dapat dilakukan dengan datang langsung ataupun melalui lapor diri online.*

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.