Kuliah Umum Konjen RI Osaka di Universitas Shimane

8

Pada tanggal 20 Januari 2016, Konjen RI Osaka telah menyampaikan kuliah umum di Universitas Shimane dengan tema “Indonesia: Brief Introduction, Future Development Strategies and Its Role in ASEAN” di Universitas Shimane. Kuliah umum tersebut merupakan bagian dari “the 3rd Global Incite Seminar”. Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh sekitar 40 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa, pengajar, dan civitas akademis dari Universitas Shimane tersebut, Konjen RI Osaka memberikan pengelanan terhadap Indonesia termasuk dari segi sejarah politik, ekonomi dan sosial budaya.

Pada Kuliah umum tersebut, Konsul Jenderal RI di Osaka juga mengenai strategi dan langkah-langkah pembangunan yang kini dikembangkan Indonesia sekaligus kerja sama yang dapat dikembangkan antara Indonesia dan Jepang. pada bagian akhir paparannya Konjen RI Osaka menjelaskan mengenai perkembangan ASEAN dan persiapan Indonesia dalam rangka Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Pada sesi tanya-jawab, para peserta mengajukan beberapa pertanyaan terkait perkembangan dan situasi terkini di Indonesia seperti kebakaran hutan dan industry kelapa sawit, perkembangan industry maritim dan perikanan di Indonesia, serta keragama etnis, suku, agama dan budaya Indonesia. Dalam diskusi terpisah dengan Wakil Rektor Universitas Shimane, Prof. Akira Deguchi, Konjen RI Osaka menyampaikan harapan agar Universitas Shimane dapat juga mengembangkan kerja sama dengan berbagai Universitas yang ada di Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.