Penutupan Training Program EPA bagi Calon Perawat dan Calon Perawat Lansaia di Osaka

8

The Overseas Human Resources and Industry Development Association  (HIDA) setiap tahun rutin menyelenggarakan program calon Perawat dan calon Perawat bagi lansia (Caregivers) di Kansai Kenshu Center, Osaka. Penyelenggaraan program pada tahun 2015 diawali dengan kedatangan calon-calon Perawat dan Caregivers pada bulan Juni 2015 dan acara penutupan pada bulan Desember 2015.

 Tujuan pelatihan tersebut yakni pembekalan pelatihan kemampuan dengan penggunaan bahasa Jepang setiap hari selama waktu 6 bulan, dengan harapan dapat menggunakan bahasa Jepang untuk kehidupan di masyarakat setempat dan dapat beradaptasi dalam lingkungan baru/tempat kerja. Peserta asal Indonesia berjumlah 98 orang terdiri dari jumlah calon Perawat sebanyak 66 orang, dan jumlah calon Perawat bagi Lansia sebanyak 32 orang.

IMG_0210

Acara penutupan bagi calon Perawat dan Caregivers pada tanggal 8 Desember di HIDA Kansai Kenshu Center dihadiri dari perwakilan dari Konsulat Jenderal RI Osaka, Perwakilan dari BNP2TKI, Perwakilan dari JICWELS dan Perwakilan dari MOFA. Pada akhir acara pemberian sertifikat dari HIDA dan para calon Perawat dan calon Caregivers dijemput oleh pihak Rumah Sakit maupun pihak Rumah Jompo yang  tersebar diseluruh Jepang untuk belajar bekerja secara mandiri.

IMG_0221

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Links. Tandai permalink.