SARASEHAN HUT KORPRI KE-44 TAHUN 2015

9

“Peran PNS Tugas Belajar di Luar Negeri bagi Pembangunan Bangsa”, demikian tema bahasan yang diangkat pada sarasehan yang diselenggarakan KJRI Osaka bekerjasama dengan Persatuan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ) Komisariat Kobe, tanggal 6 Desember 2015.
Sarasehan yang diadakan di Hyogo International House kota Kobe tersebut membahas sejumlah topik diantaranya arti penting kesempatan tugas belajar di luar negeri bagi peningkatan kapasitas korps PNS dan instansinya di dalam negeri. Dalam kaitan ini, para PNS tugas belajar diharapkan dapat memetik ilmu dan pengalaman positif yang diperoleh selama menjalankan studi di Jepang dan kemudian menerapkannya dalam tugas keseharian, sekembali ke Indonesia.
Masih terkait proses tugas belajar yang tengah dijalani para PNS, sesi diskusi bersama juga membahas perlunya sinergi antar lembaga penelitian di Indonesia, guna mengatasi permasalahan seperti keterbatasan biaya penelitian, kurangnya peralatan dan literatur pendukung serta masih seringnya tumpang tindih subyek penelitian. Selain itu, diharapkan ke depan Indonesia dapat membentuk suatu repository atau database penelitian yang komprehensif dan mudah diakses para pelaksana penelitian.
Acara yang diselenggarakan dalam rangka peningkatan semangat profesionalitas dan pengabdian PNS bagi masyarakat, sekaligus sebagai peringatan HUT KORPRI ke-44 tahun 2015 tersebut dihadiri oleh 25 mahasiswa PNS yang tengah menjalankan tugas belajar di berbagai perguruan tinggi wilayah Kobe dan sekitarnya.

1

4

5

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.