Sarasehan Kepemudaan di Osaka: Mendorong Peran Aktif Pelajar di Osaka terhadap Pembangunan Bangsa

8

Sebagai upaya untuk meningkatkan semangat kepemudaan dan cinta tanah air kepada para pelajar Indonesia yang berada di Osaka, Konsulat Jenderal RI di Osaka bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Osaka-Nara telah melaksanakan Sarasehan Kepemudaan dengan tema “Pemuda Osaka, Anti generasi Wacana : Who’s Next”. Sarasehan tersebut dihadiri oleh sekitar 40 pelajar Indonesia yang berada di sekitar Osaka-Nara dan sekitarnya.
Pada sesi pertama, sarasehan diisi dengan debat dari 5 calon ketua PPI Osaka-Nara yang memiliki masing-masing memiliki latar belakang yang berbeda. Para calon ketua tersebut menyampaikan visi dan misinya, dan menyampaikan opini dari masing-masing calon terhadap isu-isu yang disampaikan oleh moderator antara lain: kekeluargaan, revitalisasi struktur organisasi PPI, dan peran aktif PPI dalam promosi Indonesia di Osaka.
Sarasehan juga diisi dengan diskusi terbuka terkait Sumpah Pemuda dan relevansinya bagi kehidupan berbangsa saat ini. Dari diskusi tersebut disimpulkan bahwa Sumpah Pemuda masih sangat relevan bagi proses pembangunan Indonesia saat ini karena merupakan identitas bangsa Indonesia yang diletakan oleh pendiri bangsa untuk menyatukan keragaman bahasa, suku, etnis, agamam dan ras menjadi bangsa Indonesia.
Konjen RI Osaka yang hadir pada sarasehan dimaksud menyampaikan bahwa kegiatan berorganisasi merupakan hal yang baik dan bermanfaat bagi para pelajar untuk memperoleh pengalaman, persahabatan dan belajar banyak hal, namun diharapkan para pelajar tidak lupa tugas utama untuk menuntut ilmu sebaik-baiknya di Jepang untuk disumbangkan di Indonesia. Terkait program-program kegiatan PPI, selain kegiatan rutin seperti Pekan Olah Raga Masyarakat, pagelaran budaya, Konjen RI Osaka juga mendorong agar mahasiswa dapat menggelar kegiatan seminar atau diskusi ilmiah yang dapat disampaikan sebagai saran/rekomendasi pelajar bagi pemerintah.

1 (5)

1 (4)

1 (2)

1 (1)

1 (6)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.