Pagelaran “Hanoman Turun ke Bumi” Merangkum Budaya Indonesia dalam Satu Panggung di Minoh, Osaka

88

Persatuan Pelajar Indonesia Osaka-Nara, Konsulat Jenderal RI-Osaka, dan didukung oleh Universitas Osaka, Minoh Association for Global Awarness, dan Pemerintah Kabupaten Boyolali telah menyelenggarakan Pentas Seni Indonesia dengan tema “Hanoman Turun ke Bumi” di Minoh Green Hall, Osaka pada tanggal 10 Oktober 2015.
Pagelaran budaya tersebut mengisahkan perjalanan tokoh Hanoman yang turun ke Indonesia dan melakukan perjalanan dari berbagai pulau di Indonesia dengan tari san musik khas dari pulau tersebut. Pagelaran siang hari tersebut menggabungkan seni operet, tari dan musik, serta ditampilkan oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang, dan delegasi siswa-siswi SMU berpertasi yang langsung datang dari Kapubapen Boyolali untuk menampilkan Tari Hanoman dan Topeng Ireng.
Sebanyak lebih dari 400 penonton Jepang dari Kota Minoh, Osaka dan sekitarnya yang hadir menyaksikan acara tersebut memberikan apresiasi dan tepuk tangan meriah untuk setiap penampil. Dalam acara selama 3 jam tersebut. Para penonton disuguhkan ditampilakan tari Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali dan penampilan music Angklung yang membawakan lagi daerah Indonesia dan Jepang.
Dalam pembukaannya, Konsul Jenderal RI di Osaka menyampaikan penghargaan kepada PPI Osaka-Nara atas kerja kerasnya dalam pelaksanaan Pentas Seni Indonesia tersebut sebagai bentuk Kepedulian dan keaktifan PPI sebagai generasi penerus bangsa untuk mempromosikan dan melestarikan budaya bangsa di negera tempat mereka menuntut ilmu.

a (1)

a (2)

a (3)

a (4)

a (5)

a (6)

a (7)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.