Tari Hanoman dan Topeng Ireng Siswa SMU Boyolali Tampil d SMU Hanozono Osaka

88

Sebanyak 22 pelajar dari berbagai SMU di Boyolali tampil menarikan Tari Hanoman dan Topeng Ireng di hadapan 150 siswa dan guru SMU Hanozono di Prefektur Osaka pada tanggal 9 Oktober 2015. Penampilan tarian tersebut disambut meriah oleh para siswa SMU Hanazono. Seusai penampilan, para siswa kedua negara berkesempatan untuk melakukan interaksi dan tanya jawab sekaligus mendapat pengajaran singkat tarian indonesia. Siswa-siswa Jepang menyampaikan bahwa mereka baru pertama kalinya menyaksikan secara langsung tarian Indonesia. Mereka juga menyampaikan kekaguman akan kemampuan teman-teman sebaya mereka untuk menapilkan tari-tarian tersebut.

Kepala Sekolah SMU Hanazono dalam kesempatan pertemuan dengan 14 Kepala SMU di Boyolali, menyampaikan apresiasi atas kunjungan delegasi tim kesenian Boyolali ke SMU Hanazono sekaligus memberikan penjelasan singkat terkait sistem pendidikan di Jepang.

Penampilan kesenian Indonesia oleh pelajar SMU di Boyolali ini diharapkan dapat mempromosikan keragaman seni budaya Indonesia, memperkenalkan Indonesia kepada generasi muda masyarakat Jepang, dan meningkatkan hubungan people-to-people antara Indonesia dan Jepang. Acara penampilan kebudayaan ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Boyolali, Konsulat Jenderal RI di Osaka, dan Pemerintah Prefektur Osaka. Selama berada di Osaka, Tim Kesenian Pemerintah Kabupaten Boyolali ini juga akan tampil dalam acara Pentas Seni Indonesia pada tanggal 10 Oktober 2015 di Minoh, Prefektur Osaka.

1 (1)

1 (2)

1 (3)

1 (4)

1 (5)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.