Batik Natural Indigo Indonesia Menuai Kekaguman pada Fashion Show di Kobe

88

Dalam rangka memperingati hari Batik National tanggal 2 Oktober 2015, KJRI Osaka bersama Dharma Wanita Persatuan KJRI Osaka telah menyelenggarakan acara pagelaran Fashion Show Batik 2015 dengan tema Natural Indigo pada tanggal 6 Oktober 2015 di Wisma Konjen, Kobe. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 51 undangan, mayoritas undangan adalah para pencinta batik Indonesia termasuk hadir isteri wakil Gubernur Hyogo, istri Walikota Sakai City, kalangan korp diplomatik, serta pejabat pemerintah.

Dalam sambutan Ibu Anti Wisnu Edi Pratignyo, isteri Konjen RI Osaka mengatakan Batik Indonesia telah diakui UNESCO sebagai “Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity” sejak tahun 2009 sebagai warisan budaya. Dalam perkembangannya, Batik telah menjadi industri busana dan tekstil yang cukup menjanjikan di Indonesia, dengan lahirnya rumah-rumah mode dan perancang busana yang mengkhususkan diri pada penggunaan kain batik.

Selanjutnya para peserta yang hadir mendapatkan paparan mengenai Batik Indigo Indonesia oleh Dr. Laretna Trisnantari Adishakti Pemilik batik “Natural Indigo” dari Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan pagelaran fashion show batik dengan menghadirkan 18 jenis busana batik serta kain batik natural indigo dengan diselingi tarian Jawa yang ditarikan oleh maetro tari Jawa dari Jepang.

Penonton yang hadir menyampaikan kekaguman atas keindahan Batik natural indigo Indonesia yang tidak hanya indah namun juga ramah lingkungan karena seluruhnya menggunakan produk alam. Mereka juga menyampaikan apresiasi atas paparan menegnai teknik pembuatan batik sehingga mereka mengetahui bahwa pembuatan batik membutuhkan waktu, proses dan keahlian para pembuatnya yang tidak mudah.

6

3

2

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.