Penegasan Kembali Kerja Sama Kota Kembar Yogyakarta-Kyoto

9

Dalam rangka peringatan 30 tahun kerja sama kota kembar Provinsi Yogyakarta dan Prefektur Kyoto, Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hemngku Buwono X telah melakukan kunjungan kerja ke Prefektur Kyoto pada tanggal 27-29 Agustus 2015.

Pada kunjungan kerja tersebut, Gubernur DIY telah melakukan pertemuan dengan Ketua Kadin Kyoto dan anggota Kadin Kyoto guna mempromosikan peluang-peluang investasi dan kerja sama ekonomi dengan DIY. Gubernur DIY selanjutnya mengadakan pertemuan dengan Gubernur Kyoto Prefektur Keiji Yamada. Dalam pertemuan tersebut, kedua Gubernur menyampaikan ucapan syukur atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama 30 tahun ini, dan berharap kerja sama di berbagai bidang dapat terus ditingkatkan demi kesejahteran masyarakat di kedua provinsi.

Sebagai bentuk niat dan komitmen kedua pihak untuk melanjutkan kerja sama di masa mendatang, telah ditandatangani dokumen penegasan kembali kerja sama kota kembar antara Provinsi DIY dan Yogyakarta.

Sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja Gubernur DIY ke Kyoto juga telah dilakukan kunjungan ke Pusat Pengembangan dan Penelitian Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan yang dimiliki oleh Prefektur Kyoto. Dalam kunjungan tersebut, Gubenur DIY dan delegasi telah mendapatkan penjelasan terkait upaya-upaya yang dilakukan Perfektur Kyoto dalam rangka mengembangkan produk-produk pertanian yang khas atau endemis di Kyoto yang hemat energi dan biaya saat penanamannya, dan memiliki nilai tambah terutama dari segi gizi dan rasa.

Sebagai puncah peringatan 30 tahun kerja sama kota kembar Provinsi Yogyakarta dan Prefektur Kyoto juga telah ditampilkan pagelaran budaya gamelan dan tari khas Keraton Yogyakarta yang ditampilkan di Miyazu hall di Kota Miyazu, Kyoto dan disaksikan oleh sekitar 800 penpnton Jepang.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.