Resepsi Peringatan HUT RI ke-70 di Osaka

9

Pada tanggal 26 Agustus 2015, telah dilaksanakan resepsi peringatan HUT RI ke-70 bertempat di Hotel Imperial Osaka. Resepsi dibuka oleh sambutan dari Konsul Jenderal RI Osaka, Duta Besar RI Tokyo, Gubenur Osaka, Y.M. Ichiro Matsui, Walikota Ube, Mrs. Kimoko Kubota dan Duta Besar Kemlu Jepang untuk Wilayah Kansai, Y.M. Akira Miwa.

Dalam sambutan pembukaannya, Konsul Jenderal RI menyampaikan harapan agar hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin baik dalam berbagai bidang dapat terus ditingkatkan. Duta Besar RI untuk Jepang, Y.M. Yusron Ihza Mahendra menyampaikan bahwa dalam perjalanan sejarah mencapai kemerdekaan, dan menghadapi berbagai tantangan yang telah memberi warna dan membentuk karakter serta identitas bangsa; Bangsa Indonesia adalah bangsa yang telah memilih jalan untuk menjadi bangsa yang dewasa. Terkait dengan hal ini, Duta Besar menyampaikan harapan kepada Jepang sebagai negara sahabat penting di Asia untuk bekerja sama demi kemajuan bersama.

Sejalan dengan dengan pernyataan yang telah disampaikan tersebut, Gubernur Osaka selaku Guest of Honor pada Resepsi Diplomatik HUT RI ke-70 ini, juga menyampaikan kegembiraannya atas persahabatan dan kerja sama yang telah terjalin antara Jepang dan Indonesia selama ini, sekaligus menyampaikan keyakinannya bahwa kerja sama ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

Secara lebih konkret, Walikota Ube dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin antara Prefektur Yamaguchi, khususnya Kota Ube dengan Indonesia di berbagai bidang diantaranya jalinan kerja sama di bidang lingkungan hidup.

Toast remarks disampaikan oleh Duta Besar Kemlu Jepang untuk Wilayah Kansai, dan kemudian acara dilanjutkan dengan jamuan santap malam dan ramah tamah.

Sebagai upaya untuk mencerminkan persahabatan Indonesia – Jepang, dalam kesempatan tersebut terdapat penampilan kebudayaan Indonesia berupa Tari Bali (Tari  Gabor) dan penampilan angklung yang menampilkan lagu Bengawan Solo, Rayuan Pulau Kelapa dan medley lagu-lagu Jepang. Kesemua penampilan kesenian tersebut dibawakan oleh para seniman Jepang dari sanggar kesenian di Osaka. Selain itu, beberapa masakan khas Indonesia seperti tempe goreng, sate ayam, sate lilit ikan, risoles dan ongol-ongol juga disajikan kepada para tamu.

1

2

3

4

5

7

8

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.