Indonesia – Japan Business Forum and Matchmaking 2015

11

BKPM dan KJRI Osaka bekerja sama dengan Osaka Chamber of Commerce and Industry (OCCI) dan Osaka International Business Promotion Center (OIBPC) telah menyelenggarakan kegiatan Indonesia – Japan Business Forum and Business Matchmaking di Osaka pada tanggal 30 Juli 2015.
Kegiatan diikuti oleh lebih kurang 70 perusahaan di wilayah Kansai. Kegiatan Busines Forum dan Busines Matchmaking dibuka oleh Konjen RI Osaka yang menyampaikan bahwa hubungan ekonomi antara Indonesia dan Jepang yang sudah sangat baik kiranya dapat menjadi dasar untuk lebih mengembangkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan. Bidang kerja sama yang dapat dituangkan antara lain bidang maritim; industri perikanan; manajemen sumber hayati laut; industri shipbuilding dan perkapalan; infrastruktur yang meliputi pembangunan kawasan industri, pelabuhan lapangan udara, jalan, bendungan, tenaga listrik; penguatan konektivitas; dan finansial. Vice Chairman of the International Business Committee Osaka CCI, Mr. Noritada Ito turut membuka kegiatan tersebut.
Kepala BKPM, Bapak Franky Sibarani dalam keynote speech-nya antara lain menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 2010- 2014 realisasi investasi Jepang di Indonesia adalah sebesar 12,1 milliar dolar dengan pertumbuhan realisasi investasi Jepang rata-rata per tahun sebesar 56%. Lima peluang investasi yang terbuka bagi investor Jepang di Indonesia adalah sektyor infrastruktur, pertanian, manufaktur, maritim dan pariwisata. Untuk mendukung dan menciptakan iklim yang baik bagi investasi, Indonesia tengan menargetkan pengembagan 15 kawasan industri baru hingga tahun 2019, pembentukan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), pemberlakuan tax allowance yang baru per April 2015 serta upaya pemerintah yang tengah merevisi ketentuan tax holiday sehingga menjadi lebih terbuka. Dalam keynote speec nya, Kepala BKPM juga menyampaikan bahwa di tahun 2015 terdapat 56,5 juta unit UKM yang memiliki peranan strategis dalam engembangkan ekonomi rakyat.
Setelah business forum, kegiatan dilanjutkan dengan matchmaking antara perusahaan Indonesia (Kawasan Industri Podomoro, Kawasan Industri Cikande, PT Maharani, PT Delta Jaya Energi, CV Kito) dengan perusahaan Jepang yang berminat.
Pada saat yang bersamaan juga diselenggarakan kegiatan working lunch Kepala BKPM dengan para chamber of commerce and industries, asosiasi ekonomi dan industri, serta perusahaan yang telah dan akan mengembangkan investasi di Indonesia, diantaranya dihadiri oleh Osaka CCI, Kobe CCI, Kyoto CCI, Japan-Indonesia Business Association, OIBPC, Okayama International Business Association, SME Support Japan, Sakai International Interchange Association, The Hyogo Industrial Association, Osaka Steel, Daihatsu Motor, Takao Iron Works, Takaneka Manufacturing, Ichii Industries, Watanabe Shoji, Infotech dan Ocean Partners.
Kegiatan ini diharapkan akan dapat ditindaklanjuti dengan pengiriman misi ekonomi/dagang ke Indonesia.

a (5)

a (3)

a (8)

DSC_5525

a (4)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.