Mempromosikan dan Memperkuat Kecintaan Masyarakat Jepang terhadap Angklung melalui Workshop Angklung

89

Dalam rangka mempromosikan Indonesia, khususnya melalui kesenian Angklung, Konsulat Jenderal RI di Osaka telah melaksanakan serangkaian workshop angklung dengan sanggar seni budaya Indonesia dan masayarakat Jepang di wilayah kerja. hadir sebagai narasumber dalam rangkaian workshop Angklung dimaksud adalah Sule Nurharismana, pemerhati dan pembuat Angklung sekaligus pengajar pada SMPN 11 Tasikmalaya.

Workshop Angklung yang pertama dilaksanakan di Wisma Konsul Jenderal RI di Osaka pada tanggal 13 Juni 2015 dengan dihadiri oleh 55 peserta yang terdiri dari anggota Grup Angklung dari Kobe Indonesia Society (KIS), wakil dari grup angklung Pasir Bintang, NGO Present Garden, Universitas Konnan, mantan peserta Darmasiswa dan BSBI, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Osaka dan Kyoto.

Workshop dibuka oleh Konsul Jenderal RI di Osaka yang menyampaikan apresiasi atas ketertarikan masyarakat Jepang terhadap musik tradisional Indonesia, Angklung diharapkan melalui pelaksanaan workshop para pecinta angklung di Jepang dapat memetik manfaat dan mempelajari hal-hal baru terkait perkembangan terkini angklung maupun perawatannya. Pada Workshop dimaksud disampaikan mengenai sejarah dan filosofi angklung, teknik-teknik terbaru memainkan angklung, teknik pengawetan dan pemeliharaan angklung secara tradisional maupun modern, serta jenis angklung yang masih terhitung baru yaitu angklung sentuh. (presentasi terlampir). Selain angklung nara sumber juga memperkenalkan alat musik tradisional Indonesia lainnya yang terbuat dari angklung seperti seruling, karinding, dan keprak.

Workshop Angklung yang kedua dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2015 di Kobe dengan Kobe Indonesian Society. Workshop Angklung yang ketiga dilaksankan pada tanggal 16 Juni 2015 di NGO Present Garden di Kobe. NGO Present Garden adalah organisasi non-profit yang memberikan pelatihan Angklung kepada anak-anak tuna daksa di Jepang sebagai salah satu bentuk terapi bagi anak-anak tersebut. NGO Present Garden telah beberapa kali menampilkan konser angklung dengan membawakan lagu-lagu klasik, lagu latin, mapun lagu pop Jepang.

1

2 (1)

2 (2)

2 (3)

2 (4)

IMG_8691

IMG_8692

IMG_8693

IMG_8695

IMG_8696

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.