Rangkaian Kegiatan Kunjungan Kerja Konsul Jenderal RI Osaka di Prefektur Tokushima

3

Pada tanggal 12 Maret 2015, bertempat di Kantor Gubenur Tokushima Konjen RI di Osaka telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Gubernur Prefektur Tokushima, Mr. Kamon Lizumi. Dalam pertemuan tersebut telah dibahas beberapa hal antara lain; Gubenur Tokushima menyampaikan mengenai perusahaan Otsuka yang sudah lama berdiri di Indonesia, serta Program EPA yang telah menerima tenaga perawat dan tenaga caregivers asal Indonesia serta dalam bidang pendidikan mahasiswa Indonesia yang cukup banyak  menuntut ilmu di Universitas Tokushima.

Konjen RI Osaka pada pokoknya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Jepang yang mendorong penuh program EPA serta dalam peningkatan makanan halal di Tokushima sehingga dapat menarik wisatawan muslim. Selain itu Konjen RI menyampaikan mengenai sejumlah kebijakan Pemerintah baru, utamanya antara lain program Pemerintahan baru  yakni prioritas pembangunan dibidang infrastruktur yakni program ‘’sea toll’’ dan industri perkapalan, dimana Indonesia sangat membutuhkan kapal nelayan, kapal barang serta pada sector industry pertanian.

Pada kesempatan tersebut, Konjen RI juga memberikan informasi sekaligus mengundang Pemerintah Tokushima pada kegiatan promosi Indonesia di Jepang seperti Foodex yang telah berlangsung di Tokyo beberapa waktu lalu dan pameran Jewelry yang akan diselenggarakan bulan Mei di Kobe, dan Fabbex di Osaka serta mengundang untuk melihat Trade Expo Indonesia (TEI) pada bulan Oktober mendatang di Jakarta

 

Mendorong Kesuksesan Caregiver Indonesia di Jepang, Konjen RI Osaka Bertatap Muka di Prefektur Tokushima

 gambar kenshokai

Sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke Prefektur Tokushima, Konjen Ri di Osaka telah melakukan diskusi dan tatap muka dengan para caregiver asal Indonesia di Tokushima pada tanggal 11 Maret 2015. Tatap muka berlangsung di Panti Jompo Kenshokai, dan diterima oleh Kepala Panti Jompo Kenshokai, Mrs. Nakamura. Dalam diskusi informal yang dihadiri oleh 67 orang caregiver asal Indonesia tersebut, Konjen RI Osaka menyampaikan bahwa kesempatan untuk bekerja di Jepang haus dimanfaatkan dengan baik untuk memperoleh ilmu dan pengalaman, serta tidak lupa untuk selalu menjaga nama baik bangsa.

Pada kesempatan diskusi, para caregiver menyampaikan bahwa ujian yang harus mereka lalui untuk dapat bekerja secara penuh di Panti Jompi di Jepang sangat sulit terutama dari segi bahasa, oleh sebab itu mereka mengharapkan Pemerintah Indonesia dapat mendorong Pemerintah Jepang dapat memberikan kesempatan sekali lagi bagi caregiver yang tidak lulus ujian nasional tersebut.

Diskusi dan Pertemuan dengan PPI Tokushima

pertemuan dengan PPI

Pada kesempatan kunjungan kerja ke Prefektur Tokushima tersebut, Konjen RI juga malakukan pertemuan dan diskusi dengan mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di Prefektur Tokushima pada tanggal 12 Maret 2015. Dalam pertemuan yang bersifat informal tersebut, Konjen RI mengingatkan pentingnya lapor diri bagi perlindungan WNI yang ada di luar negeri dan menghimnau agar setiap mahasiswa di Tokushima untuk tidak lupa melakukan lapor diri ke KJRI Osaka, dalam hal ini lapor diri dapat dilakukan secara online. Konjen RI juga menyampaikan agar mahasiswa.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.