Rangkaian Kegiatan Kunjungan Kerja Konsul Jenderal RI Osaka di Prefektur Kagawa

2
Konsul Jenderal RI di Osaka pada tanggal 12 Maret 2015 telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Gubenur Prefektur Kagawa, Mr. Takuma Yuichi. Pada kunjungan tersebut Gubernur Kagawa menyampaikan apresiasi kepada Konjen RI telah membuka seminar ekonomi bersama Jetro Kagawa dengan menghadirkan pembicara dari Jetro Jakarta. Gubenur Kagawa juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan ke panti jompo di Kagawa Prefektur, dan berharap agar para caregivers Indonesia dapat mengembangkan ilmunya di Indonesia setelah selesai bekerja di Jepang. Lebih lanjut, Gubenur Kagawa menjelaskan bahwa Prefektur Kagawa telah menjalin kerja sama dalam bidang teknologi pertanian dengan Indonesia dibawah program JICA sejak tahun 2012, yaitu di daerah Sumatera Barat. Gubernur Kagawa juga mengharapkan lebih banyak turis asal Indonesia yang mengunjungi Prefektur Kagawa. Konjen RI Osaka menyampaikan bahwa kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara Prefektur Kagawa dengan Indonesia.

Shikoku eco federation Pertemuan dengan Shikoku Economic Federation

Dalam lawatan kunjungan kerja ke Prefektur Kagawa tersebut, Konjen RI Osaka pada hari yang sama juga telah melakukan pertemuan Ketua Shikoku Economic Federation, Mr Momoki Tokiwa dan Direktur Manager Shikoku Economic Federation, Mr Hiromitsu Oyake. Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa hal antara lain:Nilai ekspor/impor Shikoku dengan Indonesia dirasakan masih tidak terlalu besar, dan masih terkonsentrasi pada sektor energi pembangkit listrik, seperti batu bara, yaitu import batu bara dari Borneo, Kalimantan. Sedangkan perusahaan yang telah berkerjasama menanamkan modalnya di Indonesia adalah perusahaan Otsuka, Unicharm. Sedangkan Konjen RI kembali menyampaikan kebijakan pemerintah baru di beberapa sektor kelautan yaitu pengembangan dari industri kelautan termasuk kapal nelayan, kapal barang serta pembangunan pelabuhan.. selain itu, juga disampaikan mengenai one stop service yang saat ini sedang dikembangkan oleh BKPM yang diharapkan dapat memudahan bagi para pengusaha Jepang untuk berinvestasi di Indonesia. Dalam rangka semakin mendorong investasi, disampaikan juga menenai rencana kunjungan kepala BKPM ke Jepang.

Kunjungan Kerja Ke Panti Jompo Kiyama

Panti Jompo Kiyama Sebagai bagian dari rangkaian Kunjungan Kerja ke Prefektur Kagawa, pada tanggal 12 Maret 2015 Konjen RI di Osaka juga telah melakukan kunjungan kerja ke Panti Jompo Kiyama dan berdiskusi caregiver asal Indonesia yang bekerja pada Panti Jompo tersebut. Dalam kesempatan tatap muka, Pemilik Panti Jompo Kiyama Mr. Nagai menyampaikan sejarah berdirinya Panti Jompo Kiyama sampai dengan merekrut caregiver asal Indonesia untuk pertama kali pada tahun 2008, saat itu baru 2 (dua) orang caregiver yang direkrut dan merupakan EPA angkatan pertama. Sejalan dengan perkembangan perekonomian di Indonesia, Panti Jompo Kiyama setiap tahunnya menerima caregiver asal Indonesia berjumlah 10 (sepuluh) orang, jumlah caregiver yang masih bekerja di Panti tersebut total berjumlah 36 orang. Senada dengan yang disampaikan oleh caregiver Indoensia yang bekerja pada di Perfektur Tokushima, para caregiver Indonesia yang bekerja di Prefektur Kagawa juga menyampaikan sulitnya memperoleh sertifikat caregiver dengan tes ujian nasional terutama karena faktor bahasa. Disampaikan pula bahwa Panti Jompo Kiyama merupakan Panti yang terbaik Tingkat I diseluruh Jepang. Pihak Panti Jompo Kiyama sangat berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia dengan adanya program EPA, karena tenaga caregiver Indonesia sangat dibutuhkan di Panti Jompo Kiyama. Menanggapi atas pembukaan dari Pemilik Panti Jompo Kiyama, Konjen RI memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesempatan dan kerja sama yang diberikan kepada caregiver Indonesia, dan berharap pengiriman caregiver asal Indonesia dapat terus ditingkatkan.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.