Memperkuat Kerja Sama Maritim RI-Kochi, Konjen RI Osaka Bertemu Gubenur Kochi

22

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui kebijakan “sea toll” Pemri, Konjen RI Osaka telah melakukan kunjungan kerja ke Prefektur Kochi pada tanggal 23 – 25 Februari 2015. Dalam kunker tersebut, Konjen RI Osaka telah melakukan kunjungan kehormatan sekaligus kunjungan kehormatan kepada Gubernur Kochi, Mr. Masano Ozaki dan Walikota Kochi, Mr. Seiya Okazaki. Dalam kedua pertemuan tersebut disampaikan mengenai kebijakan Pemerintah Joko Widodo terutama di bidang maritim, ketahanan pangan serta pengembangan wilayah Indonesia Timur. Diharapkan dapat dijajaki peluang lebih lanjut dengan Prefektur Kochi dalam bidang-bidang tersebut melalui pengiriman misi bisnis ke Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut, Konjen RI juga telah berkunjung ke 2 perusahaan shipbuilding yaitu Shin Kochi Jyuko Co. Ltd sera Umazume Shipyard Co. Ltd guna menjajaki peluang pengembangan kerja sama untuk shipbuilding ataupun pembelian kapal yang disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia.
Guna meningkatkan kapasitas SDM Indonesia di bidang kelautan dan kemaritimin, dalam pertemuannya dengan Rektor University of Kochi, Mr. Hiroshi Wakiguchi, Konjen RI menyampaikan kiranya kerja sama dibidang pendidikan antara Univesrity of Kochi dengan universitas-universitas di Indonesia melalui SUIJI (Six University Indonesia – Japan) dapat diperluas dengan universitas-universitas lain utamanya di wilayah Timur Indonesia.
Konjen RI juga berkesempatan untuk bertemu dengan sekitar 47 orang trainee WNI yang tengah belajar di Fishing Training Center of Kochi Fisheries Cooperative yang berlokasi di Muroto. Dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, Konjen RI Osaka juga telah melakukan pertemuan dengan PPI Kochi dan membahas mengenai kegiatan pengenalan budaya Indonesia di Kochi.
Di akhir kunjungan kerja ke Prefektur Kochi, Konjen RI juga telah meninjau pabrik dan bertemu dengan pemilik Eiko Kogyo Co Ltd, sebuah perusahaan yang selama ini mensuplai kebutuhan permesinan perusahaan Jepang di Indonesia dan saat ini ingin melakukan investasi sendiri di Indonesia.

kochi (10)

kochi (9)

kochi (8)

kochi (7)

kochi (6)

kochi (3)

kochi (1)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.