Okayama International Business Association (OIBA) Jajaki Peluang Investasi di Jakarta dan Jawa Timur

13

Okayama International Business Association (OIBA) telah melakukan kunjungan ke Jawa Timur dan Jakarta pada tanggal 1-5 Februari 2015 untuk menjajaki peluang investasi. Misi yang diikuti oleh 28 delegasi dari 25 perusahaan dan pemerintah daerah tersebut telah berkunjung ke Pemerintah Provinsi Daerah Jawa Timur, Kawasan Industri PIER, BKPM Pusat, Kemenperin dan beberapa perusahaan Jepang yang telah berinvestasi di Indonesia. Peserta misi dari OIBA terdiri dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, antara lain spare parts mobil dan spare parts peralatan pertanian.

Pada kunjungan ke Jawa Timur, delegasi OIBA mendapatkan informasi terkait ketersediaan lahan yang memadai dan tersebar di beberapa kawasan industri di Jawa Timur serta rencana pembangunan pelabuhan-pelabuhan penyangga di wilayah Lamongan dan Banyuwangi yang mensupport pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Selain itu, informasi terkait pembangunan jalan tol yang bisa diakses secara langsung dari seluruh kawasan industri menuju pelabuhan yang tersedia juga menjadi referensi yang bermanfaat bagi para delegasi OIBA. Para delegasi OIBA juga menyambut positif terkait masih rendahnya UMR di Jawa Timur serta wacana Pemprov Jatim untuk bernegoisasi dengan serikat buruh setempat mengenai kenaikan UMR setiap 5 tahunnya dan bukan setiap tahun.

Sedangkan pada kunjungan di BKPM pusat dan Kementerian Perindustrian, delegasi OIBA mendapat paparan terkait kemudahan pengurusan ijin investasi dalam bentuk layanan one stop service serta beberapa fasilitas pajak yang bisa diberikan.

Pada akhir kunjungan, OIBA menyampaikan bahwa beberapa perusahaan dari delegasi sangat tertarik untuk mengembangkan bisnisnya ke Indonesia dan akan berkonsultasi lebih lanjut terkait rencana tersebut ke KJRI Osaka.

2

1

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.