Kunjungan ICET ke Jakarta, Bandung dan Banten Dalam rangka Penjajakan Kerja Sama Lingkungan Hidup

6

International Center For Environmental Technology Transfer (ICETT) telah melakukan kunjungan kerja ke Jakarta, Bandung dan Banten pada tanggal 7-13 Desember 2014. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi daerah dan organisasi prospektif di Indonesia yang dapat menjalin kerja sama dengan wilayah Chubu sebagai mitra dalam mempromosikan transfer teknologi Jepang di bidang Lingkungan ke Indonesia. Sebagai langkah awal, pihak ICETT berencana mengadakan seminar dan business matching dengan daerah atau organisasi terkait pada tahun 2015.

Pada kunjungan tersebut, pihak ICETT dengan fasilitasi dari KJRI Osaka telah mengadakan pertemuan dengan JETRO, BKPM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Jawa Barat, BPLHD Kabupaten Bekasi, BPLHD Banten, BPLHD Kabupaten Tangerang, Kawasan Industri Jababeka, kawasan Industri MM2100 dan Institut Teknologi Bandung.

Secara umum pemerintah pusat, pemerintah daerah dan perusahaan terkait sangat antusias menyambut baik tawaran ICETT untuk menjalin kerja sama di bidang transfer teknologi lingkungan hidup yang diawali dengan penyelenggaraan bersama seminar dan business matching diantara pelaku-pelaku usaha terkait di kedua negara yang recananya akan dianggarkan pada tahun 2015.

Diharapkan melalui seminar dan business matching tersebut dapat memunculkan program-program pemagangan maupun bimbingan teknis dari pihak ICETT kepada para staf pemerintah daerah dan para karyawan kawasan industri di bidang lingkungan sebagai suatu rangkaian alih teknologi untuk mendorong meningkatnya kemampuan penanganan permasalahan lingkungan di Indonesia.

photo 1

photo 2

photo 3

photo 4

photo 5

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.