Menjawab Ketertarikan Mahasiswa Jepang terhadap ASEAN dalam Seminar “Indonesia-Japan Towards ASEAN Economic Community 2015”.

4

Dalam rangka memberikan penjelasan dan informasi terkait Komunitas Ekonomi ASEAN 2015, Kwansei Gakuin University telah melaksanakan seminar “Indonesia-Japan Towards ASEAN Economic Community 2015” di Osaka pada tanggal 4 Agustus 2014. Pada seminar tersebut. Seminar ini merupakan rangkaian dari ASEAN Project yang telah dimulai sejak tahun 2013 untuk mengetahui ASEAN dewasa ini dengan mengundang pembicara para diplomat negara ASEAN maupun kalangan akademisi universitas di ASEAN, diantaranya dari Indonesia, Vietnam, Malaysia dan Jerman.
Dalam seminar dimaksud, Konsul Ekonomi, Siti Nizamiyah telah memberikan presentasi mengenai Indonesia dan Komunitas Ekonomi ASEAN. Selain itu, Indonesia juga diwakilo oleh pembicara dari Universitas Pajajaran. Seminar dihadiri oleh sekitar 30 orang freshmen mahasiswa Kwansei Gakuin University dan Osaka University yang sangat tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang Indonesia dan ASEAN. Pada umumnya mereka antusias mengetahui strategi Indonesi untuk dapat bertahan menghadapi terbentuknya masyarakat ekonomi ASEAN pada tahun 2015, kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan hubungan Indonesia dengan negara Cambodia, Laos, Myamar dan Vietnam (CLMV), maupun berbagai permasalahan yang saat ini sedang dihadapi ASEAN Community, serta hubungan ASEAN dengan Jepang. Selain itu, mereka juga menyampaikan ketertarikan untuk menelaah Pemerintahan yang baru melalui terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden RI dalam membangun perekonomian Indonesia.

2

3

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.