Peningkatan pelayanan terhadap wisatawam muslim

5

Pada tanggal 23 Juli 2014, KJRI diundang dalam acara seminar tentang peningkatan pelayanan terhadap wisatawan muslim oleh Minami Shopping streets Federation distrik Chuo, Osaka bekerja sama dengan Osaka City dan Osaka Chamber of Commerce and Industry. Seminar dihadiri sekitar 100 orang pelaku-pelaku usaha di Shopping Streets Area (Shoten-gai) di wilayah Osaka.
Seminar yang diselenggarakan di Swissotel Nankai Osaka ini menghadirkan 2 pembicara dari KJRI Osaka yang diwakili oleh Konsul Siti Nizamiyah dan Mr. Tomi Suzumura dari Japan HALAL Development & Promotion (JAHADEP). Dalam presentasinya, Konsul ekonomi menjelaskan bahwa peningkatan jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang pada tahun 2013 mencapai 37% dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan sampai bulan Mei 2014 ini sudah tercatat 59,700 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang. Konsul ekonomi juga memberikan usulan kepada penggiat-penggiat bisnis di wilayah Shoten-gai bahwa sebagai salah satu tujuan favorit wisatawan dari Indonesia, Shoten-gai seyogyanya bisa memberikan informasi-informasi yang jelas terkait kebutuhan wisatawan muslim, khususnya dalam menyampaikan informasi kandungan bahan makanan yang disajikan di toko/restoran dengan label atau tulisan alphabet yang mudah dimengerti. Sedangkan Mr. Tomi Suzumura memaparkan hal-hal terkait peraturan dalam agama Islam dan arti Halal yang bisa dijadikan referensi dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap wisatawan muslim.
Pada sesi penutup, Chairman dari Minami Shopping Area Streets menegaskan bahwa pihaknya akan membuat terobosan baru dengan membuat peta shopping area untuk memperkenalkan toko atau restoran yang Moslem Friendly kepada wiatawan-wisatawan dari negara muslim.

1 (1)

1 (3)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.