“The 6th Bali Dance Festival” di Kishiwada Menjadi Festival Tahunan yang Dinantikan Masyarakat Jepang Barat

9

Festival Tarian Bali kembali digelar di Kishiki Shrine di Kota Kishiwada, Jepang pada tanggal 7 Juni 2014. Festival Seni Tari Bali yang telah terselengara untuk keenam kalinya ini dibuka oleh Walikota Kishiwada Yoshinoro Shigi dan KUAI RI di Osaka. Dalam sambutan Pembukaannya Walikota Kishiwada menyambut baik pelaksanaan “Bali Dance Festival” sebagai festival tahunan yang dinantikan oleh masyarakat Kota Koshiwada dan sekitarnya, serta menandakan Kishiwada sebagai kota yang terbuka terhadap budaya tradisional dari negara lain.
2

“The 6th Bali Dance Festival” diawali oleh parade “Baleganjur” mengelilingi Kishiki Shrine, dan menampilkan 10 tarian Bali yang ditampilkan oleh penari-penari asal Jepang dari bebarapa sanggar tari dan budaya yang ada di wilayah kerja KJRI Osaka antara lain: Arjuna Srikandi, Chandra Baskara, Pitha Maha, Purnama Sari, Margahayu dan Bali Manik Kusuma. Selain tarian Bali, juga ditampilkan kesenian khas kota Kishiwada “Danjiribayashi” yang ditampilkan oleh group pemuda “Miyamoto-Cho Seinendan”
3

Festival Tari Bali ke-6 ini menjadi salah satu bukti besarnya apresiasi dan perhatian masyarakat Jepang terhadap seni budaya Bali yang tidak hanya terlihat dari banyaknya sanggar Tari Bali yang bermunculan dan ketertarikan masyarakat Jepang untuk mempelajari tari tradisional Bali, namun juga dari padatnya pengunjung yang datang untuk menyaksikan pagelaran seni tari tersebut, yaitu lebih dari 500 orang.

8
6
5
4
7

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.