Peningkatan Kerjasama Indonesia dan Yamaguchi di Bidang Lingkungan

2

Prefektur Yamaguchi melalui Yamaguchi Industry Promotion Foundation dan JETRO Yamaguchi akan menyelenggarakan misi ke Indonesia melalui program Regional Industry Tie-up (RIT) di bidang industri lingkungan pada bulan Agustus 2014.

Sebagai persiapan, pada tanggal 29 Mei 2014 telah diselenggarakan seminar “Indonesia Economic Outline and Business with Southeast Asia: How to Utilize the Function of Singapore’s Finance Function” di Ube City, Yamaguchi. Seminar dihadiri oleo sekitar 80 peserta.

Wakil Ketua Yamaguchi Industrial Promotion Foundation menyampaikan bahwa Indonesia memiliki peranan yang penting di ASEAN, dan sangat unggul dalam hal ketersediaan sumber daya alam. Program RIT ini akan sejalan dengan kebijakan Pemerintah RI yang mengutamakan sustainable growth.

KUAI KJRI Osaka, Bapak Bambang Soegianto, menyampaikan bahwa Indonesia terus menjadi tujuan investasi yang utama bagi Jepang, terbukti dari hasil survey Japan Bank for International Cooperation (JBIC) tahun 2013 yang menempatkan Indonesia sebagai tujuan investasi paling menjanjikan untuk jangka waktu menengah. Selain itu, Jepang saat ini merupakan investor terbesar di indonesia. Jumlah misi ekonomi dari Jepang ke indonesiapun terhitung sering, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah prefektur, pemerintah kota, asosiasi bisnis, maupun perusahaan. Program RIT ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama Indonesia dengan Jepang, khususnya dengan Prefektur Yamaguchi, di bidang lingkungan.

Hadir sebagai pembicara, Deputy Director Asia and Oceania Division, JETRO, Chief Executive Officer Root & Partners Limited dan Deputy Director Regional Industry Tie-up (RIT) JETRO yang masing-masing memberikan penjelasan mengenai perekonomian Indonesia, potency dan tantangan yang dihadapi, upaya mengembangkan bisnis di Indonesia serta rencana program RIT.

1 (1)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.