Indonesia Day 2014, One Country Thousands Culture

2

Indonesia Day 2014 dengan tema “One Country Thousands Culture” telah dilaksanakan di kampus Yoshida, Universitas Yamaguchi pada tanggal 19 April 2014. Pembukaan Indonesia Day tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Masaaki Oka, Rektor Universitas Yamagu dan Achmad Ubaidillah, Ketua PPI Yamaguchi. Acara ini telah terselenggara atas kerja sama PPI Yamaguchi, KBRI Tokyo, KJRI Osaka, Garuda Indonesia, ASEAN-Japan Centre, Universitas Yamaguchi, dan didukung oleh Prefektur Yamaguchi.

Indonesia Day antara lain diisi dengan pertunjukan budaya dan kesenian Indonesia, Bazaar yang menjual makanan dan produk-produk Indonesia, serta pameran pariwisata Indonesia. Selain itu, KJRI Osaka juga membuka pelayanan kekonsuleran bagi WNI Indonesia yang berdomisili di wilayah Yamaguchi dan sekitarnya. Pertunjukan budaya dan kesenian Indonesia dibuka oleh sambutan dari Duta Besar RI untuk Jepang Dr. Yusron Ihza Mahendra, Gubenur Yamaguchi, Mr. Tsugumasa Muraoka, Rektor Universitas Yamaguchi Prof. Masaaki Oka, dan Ketua PPI Yamaguchi. Acara dimeriahkan oleh tarian-tarian dari Lampung, Yogyakarta, Betawi, Sumatera Barat, Bali, Aceh dan pertunjukan dangdut. Pagelaran seni dan budaya tersebut dihadiri oleh kurang lebih 500 orang.

Sebagai rangkaian dari acara Indonesia Day tersebut juga dilaksanan seminat mengenai Hubungan Indonesia Jepang. hadir sebagai pembicara adalah Hirota Nakanishi, dari ASEAN-Japan Center dengan tema presentasi “Informasi terkini Pasar ASEAN dan ekspansi bisnis perusahaan Jepang di ASEAN”, dan Dubes RI, Dr. Yusron Ihza Mahendra, yang memberika pemaparan mengenai “Masa Depan Asia, dan Hubungan Indonesia dan Jepang serta Prospeknya”. Acara seminar dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta baik dari kalangan pemerintah, institusi ekonomi, perusahaan di Prefektur Yamaguchi. Setelah acara seminar, diselenggarakan resepsi ramah tamah yang juga dihadiri oleh Gubernur Yamaguchi, Walikota Yamaguchi dan Walikota Ube. Acara ditutup oleh Bapak Bambang Soegianto, Acting Konsul Jenderal RI Osaka.

indonesian day Yamaguchi (1)
indonesian day Yamaguchi (3)
seminar ekonomi Yamaguchi (2)
seminar ekonomi Yamaguchi (3)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.