Warga Jepang Memberikan Apresiasi Tinggi

Sebagai bagian dari kegiatan promosi produk seni budaya Indonesia serta perayaan HUT RI ke-68 serta peringatan 55 tahun pembukaan hubungan diplomatik RI-Jepang, KJRI Osaka bekerja sama dengan Garuda Indonesia kantor Osaka telah menyelenggarakan Festival Film Indonesia di Cinemart, Osaka pada tanggal 21-23 September 2013. FFI ini merupakan Festival Film ke-2 yang dilaksanakan oleh KJRI Osaka, setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2011.

Festival Film Indonesia ini merupakan bentuk upaya untuk meningkatkan rasa saling memahami, mempererat people-to-people contact, dan memperkenalkan seni film Indonesia kepada masyarakat Jepang. Hal tersebut merupakan inti dari sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Acting Konjen RI Osaka, Direktur Eksekutif Senior bidang Hubungan Internasional dari Pemerintah Provinsi Osaka, Mr. Masayuki Kusumoto, dan General Manager Garuda Indonesia kantor Osaka, Bpk. Nandung Wijaya. Pembukaan FFI pada tanggal 21 September 2013 tersebut juga dihadiri oleh wakil dari Pemerintah Daerah Osaka dan sekitarnya, Universitas/akademisi perfilman, media, asosiasi persahabatan Indonesia-Jepang, dan masyarakat umum.

Selama 3 (tiga) hari pelaksanaannya Festival Film Indonesia 2013 telah menampilkan 6 film Indonesia dengan subtitle bahasa Jepang, antara lain Habibie dan Ainun, Merantau (Tiger Kid), The Raid, Lovely Man, Euphoria dan Sinema Purnama. Film-film tersebut diputar secara cuma-cuma kepada masyarakat Jepang yang berada di Osaka dan wilayah sekitarnya.

FFI 2013 di Osaka mendapat sambutan dan perhatian yang sangat baik dari masyarakat Osaka dan sekitarnya hal ini antara lain terlihat dari pemesanan tiket secara reservasi untuk semua film yang telah penuh terisi 2 (dua) minggu sebelum FFI dimulai. Tidak sedikit penonton yang menitikkan air mata saat menyaksikan film “Habibie dan Ainun” maupun tegang menyaksikan “The Raid”. Dalam survei yang dilakukan oleh KJRI Osaka, sebagian besar penonton menyatakan sangat menikmati film-film yang ditampilkan dan berharap acara yang sama dapat dilaksanakan kembali pada tahun depan.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>