Penggalangan Pengusaha Jepang Barat melalui Briefing Trade Expo Indonesia

Pada Briefing Trade Expo Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 29 Agustsu 2013 di Osaka tersebut, Konsul Ekonomi KJRI Osaka menyampaikan sambutan KUAI KJRI Osaka yang membahas mengenai peran Jepang sebagai mitra utama Indonesia baik di bidang perdagangan maupun investasi. Pada tahun 2012, total perdagangan kedua negara mencapai 5,26 trilyun Yen. Sedangkan untuk investasi, pada semester I tahun 2013 ini, nilai investasi Jepang di Indonesia telah mencapai nilai 2,3 milyar US $ dimana Jepang menduduk peringkat pertama. Disampaikan bahwa TEI ke-28 merupakan pameran perdagangan tahunan yang berorientasi business to business dan business to customer serta merupakan kesempatan yang bagus untuk lebih mengenal produk-produk unggulan Indonesia.

Kepala ITPC Osaka menyampaikan gambaran umum tentang penyelenggaraan TEI ke-28. Tema TEI ke-28 adalah “Trade with Remarkable Indonesia”, dengan tujuan mempromosikan jaringan bisnis barang maupun jasa produk Indonesia di luar negeri. Pada tahun 2012, TEI telah diikuti oleh 5.430 buyer dari 95 negara dengan jumlah transaksi 1 milyar USD.

Haruko Arakawa, Direktur Divisi Luar Negeri Kohnan Shoji dalam presentasinya menyampaikan strategi pengembangan internasional Home Center Kohnan sebagai Supply Chain” untuk Asia. Kohnan Shoji yang berdiri pada tahun 1978 telah tumbuh menjadi leading company di bisnis yang menggunakan sistem DIY (Do It Your Self) di wilayah Kinki. Berdasarkan pengalaman, Mrs. Arkawa menyebutkan bahwa kelemahan dari produk Indonesia di bidang pemasaran, meskipun memiliki kualitas yang tinggi.

Sedangkan Tokuko Ito, Divisi Pembeli Luar Negeri Kohnan Shoji menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan Vietnam yaitu, pasar yang besar, jumlah masyarakat kelas menengah yang semakin meningkat, ketergantungan pasar Indonesia terhadap ekspor yang relatif kecil, komposisi penduduk yang relatif muda, dan kedekatan antara Jepang dengan Indonesia.

Pada sesi tanya-jawab, peserta menanyakan mengenai pembangunan membership hotel di Indonesia, proses bea cukai yang masih tergolong lama, serta jumlah transaksi TEI 2012 yang sangat tinggi dibandingkan jumlah pengunjung.

Hingga saat ini terdapat 9 peserta yang telah mendaftar melalui ITPC Osaka, yaitu Dari K Co. Ltd, Panasonic, Nanyang Trading, Keifuku Trading, Mr. Shigetani (privat), JIBAK, K. Onishi & Co. Ltd, Stream Corporation, Conan Home Center dan masih ada beberapa perusahaan yang sedang dalam proses konfirmasi

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>