Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1434 H Berlangsung Sederhana Namun Penuh Keakraban

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1434 H, KJRI Osaka telah menyelenggarakan Sholat Idul Fitri di Hyogo International House, pada tanggal 8 Agustus 2013.  Sholat Id dihadiri oleh sekitar 500 WNI di wilayah Kansai khususnya Osaka dan Kobe. Jumlah WNI ini menurun dari tahun sebelumnya karena Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada hari kerja, namun perayaan Idul Fitri tetap terasa bermakna khususnya bagi WNI yang harus merasakan Idul Fitri jauh dari tanah air. Setelah sholat Id seluruh warga Indonesia memanfaatkan momen ini untuk dapat bersilahturahmi dan bermaaf-maafan.

Sholat Idul Fitri tersebut terlaksana atas kerja sama KJRI Osaka dengan PPI dan KMII di wilayah Kansai. KJRI Osaka juga berkoordinasi dengan KMII untuk penyaluran zakat dan infaq yang disalurkan ke Indonesia. Bertindak Imam dan merangkap Khotib pada Sholat Id adalah Ustad Hatta Syamsuddin yang datang dari Indonesia dan telah berdakwah keliling Jepang selama bulan Ramadhan.

Sebagai bagian dari rangkaian acara pada bulan Ramadhan, KJRI Osaka juga mengadakan acara buka Puasa bersama dan tarawih setiap hari jumat di KJRI Osaka, setiap kali terlaksana acara buka bersama dan tarawih tersebut dihadiri oleh sekitar 50-60 WNI yang berada di Osaka dan sekitarnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>