Kuliah Umum di Universitas Osaka

“Indonesia akan menjadi negara berkekuatan ekonomi terbesar ke 7 di dunia dalam kurang dari 20 tahun ke depan”, demikian paparan Konsul Jenderal RI Osaka di depan sekitar 50 mahasiswa Osaka University Kampus Minoh pada Public Lecture tanggal 2 Juli lalu. Selain penjelasan mengenai potensi Indonesia sebagai the new emerging power, Konsul Jenderal juga memaparkan mengenai hubungan Indonesia-Jepang yang  terus meningkat sejak dibukanya hubungan diplomatik pada April 1958. Bukan hanya dari segi kerjasama ekonomi yang terus menunjukkan kemajuan, salah satunya dilihat dari nilai investasi Jepang yang menduduki peringkat pertama pada kwartal pertama 2013, tetapi juga dari hubungan people-to-people contact. Sebanyak 24.000 WNI tinggal di Jepang saat ini, sementara itu terdapat 12.000 orang Jepang yang tinggal di Indonesia. Jumlah turis Indonesia yang berkunjung ke Jepangpun semakin meningkat, demikian juga sebaliknya.

Konsul Jenderal berkesempatan melakukan dialog interaktif dengan para mahasiswa, yang sebagian besar tengah belajar Bahasa Indonesia, dan beberapa di antaranya adalah calonpeserta Darmasiswa yang akan berangkat ke Indonesia pada akhir Agustus 2013.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>