Komite III DPD RI Memperoleh Masukan terkait Sisdiknas dalam Kunjungan Kerja ke Osaka dan Kyoto

Delegasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang dipimpin oleh Ketua Komite III DPD RI Bpk. Hadi Selamet Hud telah melakukan kunjungan kerja ke Osaka dan Kyoto pada tanggal 7-11 Mei 2013. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka telaah implementasi dan pendalaman materi terkait Rancangan Perubahan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional (Sisdiknas).

Jepang dipilih menjadi tujuan studi banding Komite III DPD RI dengan pertimbangan bahwa Jepang merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik ke 3 di dunia setelah Finlandia dan Belanda.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, delegasi Komite III DPD RI mengadakan pertemuan dan diskusi dengan Komite Pendidikan Prefektur Kyoto dan Komisi Pendidikan DPRD Prefektur Kyoto. melakukan peninjauan lapangan ke SDN Yshikawa Toyono Town Osaka, SMPN Tomoioka Sakai City, dan SMA Lab School Universitas Pendidikan Osaka untuk berdiskusi dengan pimpinan sekolah dan meninjau secara langsung standar fasilitas pendidikan di Jepang.

Delegasi Komite III DPD RI telah memperoleh masukan terutama dalam hal: Undang-Undang yang mengatur sistem pendidikan di Jepang, Program wajib belaja, Anggaran pendidikan, Standar minimal pendidikan, Pembagian peran pemerintah pusat dan daerah dalam penyelenggaraan pendidikan, Kualitas, integritas dan kesejahteraan guru, Konsep pendidikan karakter di Jepang, dll.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>