Pengusaha Kansai berminat menawarkan kerjasama di bidang infrastruktur

Hal ini dilontarkan oleh Mr. Shosuke Mori, Ketua Kansai Economic Federation (Kankeiren), mewakili 36 delegasi dari  Kankeiren yang melakukan serangkaian pertemuan dengan Wakil Presiden RI, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perindustrian, dan Menteri Perdagangan pada hari Senin, 11 Februari 2013.

Mr. Mori menjelaskan bahwa Kansai merupakan zona ekonomi terbesar kedua di Jepang yang unggul dalam hal perkeretaapian, air bersih, kelistrikan dan pengolahan limbah. Kerjasama di bidang infrstruktur akan memberikan manfaat bagi kedua pihak, dan pada akhirnya akan semakin meningkatkan hubungan Indonesia-Kansai

Wakil Presiden RI menyambut baik tawaran kerjasama Kankeiren dan menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tengah giat mengembangkan infrastruktur, sehingga kedatangan Kankeiren disambut dengan baik.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian menyampaikan  hubungan kedua negara telah memiliki landasan yang kuat, yakni Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), dan ditambah lagi dengan Masterplan for Priority Areas (MPAs) yang sangat strategis karena menyangkut proyek-proyek infrastruktur.

Pembangunan Pelabuhan Cilamaya ditekankan oleh Menteri Perindustrian dalam diskusi dengan delegasi Kankeiren mengenai proyek infrastruktur Indonesia. Menteri Perindustrian berharap pembangunan Pelabuhan Cilamaya dapat semakin meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Menteri Perindustrian juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah RI tengah menggalakkan pembangunan di luar Jawa, sehingga berbagai fasilitasi dan insentif ditawarkan untuk investasi di wilayah-wilayah lain.

Sementara itu, Menteri Perdagangan menyampaikan apresiasi akan hubungan Indonesia-Jepang yang telah terjalin lama, dan terus terjalin hingga sekarang, termasuk hubungan investasi dan perdagangan dimana Jepang merupakan salah satu investor dan mitra dagang terbesar di Indonesia.

Selain bertemu dengan Wakil Presiden RI dan para Menteri, delegasi Kankeiren juga menyelenggarakan pertemuan dengan KADIN dan alumni program Kansai ASEAN Management Seminar yang merupakan prakarsa Kankeiren.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>