Mahasiswa Indonesia Mengukir Prestasi Internasional di Amerika Serikat


Ali Khumaeni, Mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan doktor di University of Fukui Jepang, kembali mengukir prestasi di kancah Internasional. Khumaeni meraih FACSS student award dalam pertemuan ilmiah tingkat Internasional, The Great Scientific Exchange 2012 (SCIX 2012), yang diselenggarakan di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 30 September-5 Oktober 2012.
SCIX 2012 adalah pertemuan ilmiah internasional terbesar untuk bidang sains analitik dan spektroskopi yang diselenggarakan oleh Federation of Analytical Chemistry and Spectroscopy Societies (FACSS), gabungan 10 scientific societes [the AES Electrophoresis Society, the Spectroscopical Society of Japan (SpSJ), the North American Society for Laser Induced Breakdown Spectroscopy (NASLIBS), the Division of Analytical Chemistry of the American Chemical Society, American Society for Mass Spectrometry (ASMS), ANACHEM, the Coblentz Society, the International Society for Automation (ISA) – Analysis Division, the Royal Society of Chemistry (RSC) Analytical Division, and the Society for Applied Spectroscopy (SAS)]. Pertemuan ilmiah tahunan ini telah berlangsung sejak tahun 1973. Setiap tahun, FACSS memilih paper ilmiah dengan kualitas terbaik (the most outstanding papers) yang disubmit oleh mahasiswa postgraduate dan individual outstanding contributions. Tahun ini terpilih 1 mahasiswa penerima FACSS student award dan 2 mahasiswa penerima The Tomas Hirschfeld Scholar melalui proses seleksi yang sangat ketat.
Di dalam SCIX 2012, Khumaeni membawakan presentasi oral untuk makalahnya yang berjudul “TEA CO2 Laser-Induced Gas Plasma Spectroscopy: A Breakthrough Method in LIBS”. Dalam risetnya, Ali Khumaeni bekerja sama dengan Dr. Zener Sukra Lie dan Dr. Kazuyoshi Kurihara serta dibimbing langsung oleh Professor Kiichiro Kagawa dan Professor Hideaki Niki.
Khumaeni mengusulkan sebuah metode baru dalam bidang laser plasma spektroskopi (biasa disebut dengan LIBS/Laser-Induced Breakdown Spectroscopy). Di dalam risetnya, Khumaeni memanfaatkan teknologi pulsa laser TEA CO2 untuk menghasilkan gas plasma yang bisa dimanfaatkan untuk analisis atom di dalam material tanpa membutuhkan perlakuan sampel yang rumit, sebagaimana biasa dilakukan dalam LIBS. Dengan metode baru tersebut, Ali Khumaeni dan koleganya berhasil membuat terobosan baru untuk analisis atom yang lebih cepat dengan tingkat presisi dan sensitivitas deteksi yang tinggi. Dengan berbagai teknik baru, metode tersebut bisa digunakan untuk analisis atom dalam serbuk, bahan organik, bahan cair, dan analisis atom yang berada dalam permukaan material padat tanpa membuat kerusakan sampel. Saat ini penelitian tersebut sedang dikembangkan untuk aplikasi berbagai jenis material lainnya.
“Semoga berita baik ini memberikan semangat dan motivasi kepada pelajar Indonesia untuk terus berprestasi dan meningkatkan kualitas diri” Pesan Khumaeni.
Sebelumnya, Khumaeni mendapatkan gelar sarjana bidang fisika dari Universitas Diponegoro di bawah bimbingan Professor Wahyu Setiabudi dan K. Sofjan Firdausi, M.Sc, dan Dr. Hendrik Kurniawan, Kepala Maju Makmur mandiri Research center Jakarta Barat.
Bagi Khumaeni, penghargaan ini adalah pernghargaan internasional yang keempat kalinya, setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan sebagai Young Scientist Award dari International Conference on Laser probing (Nagoya, Jepang, 2008), paper poster terbaik kedua dari International Conference on Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (Memphis, Amerika Serikat, 2010), dan paper poster terbaik untuk kategori keamanan dari International Chemical Congress of Pacific Basin Societies (Hawaii, Amerika Serikat, 2010) .
Saat ini Ali Khumaeni sedang menempuh pendidikan doktor di University of Fukui Fukui Jepang dengan didampingi istri Khusnul Aini dan Putra yang baru lahir Muhammad Faiq Alhaitami.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>