Pelajar Indonesia memukau Masyarakat Jepang barat pada Pagelaran Malam Budaya Indonesia

Para pelajar Indonesia dari Ritsumeikan Asia Pacific University (APU Indonesia) dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Kyoto memukau masyarakat Jepang barat pada Malam Budaya Indonesia yang diselenggarakan oleh KJRI Osaka pada tanggal 31 Agustus 2012 di Kobe Matsukata Hall, Kobe.  Penampilan APU Indonesia yang membawakan tarian Zapin, Bajidor Kahot dan Nandak Ganjen, serta PPI Kyoto yang menampilkan tarian Likok Pulo mendapatkan sambutan meriah dari sekitar 600 penonton dari kalangan pemerintah daerah Kobe dan Osaka, consular corps, perusahaan-perusaahn Jepang serta masyarakat umum.

Tahun ini merupakan tahun kedua KJRI Osaka mengadakan Malam Budaya Indonesia dalam rangka peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Acara ini ditujukan untuk memamerkan keanekaragaman budaya Indonesia.

Pada kesempatan ini, dilakukan pula peluncuran buku “Membawa Kebahagiaan pada Dunia” yang secara resmi diserahkan oleh Walikota Kobe, Mr. Tatsuo Yada, kepada Konsul Jenderal RI di Osaka, Bapak Ibnu Hadi.

“Membawa Kebahagiaan pada Dunia” merupakan buku panduan kesiaptanggapan terhadap bencana yang disusun oleh Pemerintah Kota Kobe untuk masyarakat umum dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, setelah sebelumnya juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Cina. Buku ini akan didistribusikan kepada masyarakat Indonesia melalui Tsunami and Disaster Mitigation Research Center, Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh dan untuk masyarakat Indonesia di Jepang, melalui KJRI Osaka.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>