Langit Biru dan Lovely Man Ditayangkan di Osaka Asian Film Festival 2012

Dua film Indonesia “Langit Biru” dan “Lovely Man” terpilih sebagai nominasi dalam Osaka Asian Film Festival yang diselenggarakan dari tanggal 9 hingga 18 Maret 2012 di Osaka, Jepang. Terpilihnya 2 film dari Indonesia merupakan hal yang istimewa karena setiap tahun Festival Film di Osaka ini hanya memilih 1 film dari masing-masing negara peserta. Menurut panitia, melihat kualitas dan keunikan kedua film tersebut maka keduanya layak untuk dimasukkan dalam kualifikasi.

Pemutaran perdana kedua film tersebut dilakukan pada tanggal 15 Maret 2012. Film Langit Biru yang merupakan film musikal anak-anak diputar di Umeda Garden Cinema dan menghadirkan sutradara Lasja F. Susatyo. Melalui film yang bersifat menghibur sekaligus edukatif ini, sang sutradara menggambarkan problema sehari-hari anak-anak di Jakarta dan cara mereka mengatasi masalah sendiri. Salah satu tema yang diusung yaitu adanya perbedaan dan sikap saling menghargai perbedaan tersebut.

“Film ini dibuat dengan gaya musikal dan tarian agar anak-anak bisa menikmati dan menangkap pesan-pesan yang ingin disampaikan dengan lebih mudah”, tutur Lasja.  Para penonton yang hadir pun mengatakan terhibur dengan film ini dan mengajukan berbagai pertanyaan seputar pembuatan film dan kondisi di Indonesia.

Sementara itu, pada waktu yang bersamaan, diputar film Lovely Man di bioskop Cine Nouveau. Film yang disutradarai Teddy Soeriaatmadja ini pun menyedot cukup banyak penonton Jepang yang tertarik dengan film-film Asia berkualitas.

Film ini pada dasarnya merupakan film keluarga yang menceritakan hubungan ayah dan anak yang sudah lama tidak saling bertemu. Dalam film ini disajikan sosok sang anak yang santun, berjilbab dan lulusan pesantren di daerah yang akhirnya bertemu dengan sang ayah yang hidup keras sebagai waria di ibukota Jakarta. Melalui cerita mengenai pertemuan kedua sosok yang sangat berbeda tersebut, digambarkan mengenai kehidupan dan hubungan ayah-anak yang sudah 15 tahun terputus.

Film drama ini ternyata membuat beberapa penonton menitikkan air mata. Mereka memuji adanya film Indonesia yang berkualitas seperti Lovely Man. Menurut salah seorang penonton, “Film Indonesia lebih mudah difahami dalam menyampaikan pesan dibanding film Jepang yang rumit”.

Kedua film ini akan kembali diputar pada hari Sabtu, 17 Maret 2012. Film Langit Biru akan diputar di Cine Nouveau pukul 10.30, sementara film Lovely Man di ABC Hall pukul 16.50. Semoga kedua film ini bisa memenangkan Osaka Asian Film Fesitval kali ini dan semakin mengukuhkan kualitas perfilman Indonesia di dunia internasioinal.   Ayo kita dukung film nasional dengan menonton rame-rame!!

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>