Pelayanan Kemasyarakatan dan Konsultasi Hukum bagi WNI di Fukui Prefektur

 

 

Dalam rangka melaksanakan fungsi Citizen Service, KJRI Osaka telah berkunjung ke kota Fukui tanggal 19 Pebruari 2012  di Fukui Prefecture untuk memberikan pelayanan kekonsuleran dan konsultasi hukum bagi WNI yang berada di Fukui dan sekitarnya.

 Acara diawali dengan pembukaan dari Ketua PPI Fukui dan sambutan dari Konsul Protokol dan Konsuler. Dalam kesempatan ini juga Konsultan Hukum KJRI Osaka, Mr. Kyosuke Sakai berkesempatan untuk menyampaikan informasi mengenai kebijakan keimigrasian  dan perburuhan di Jepang, khususnya yang terkait dengan tenaga kerja asng termasuk dari Indonesia.

 

Konsultan Hukum KJRI Osaka juga telah memberikan konsultasi secara pribadi kepada beberapa WNI yang menanyakan beberapa hal seperti perceraian, perkawinan dan dwi kewarganegaraan bagi anak hasil kawin campur. Adapun pelayanan kekonsuleran yang diberikan meliputi pelaporan diri, pembuatan paspor baru dan surat keterangan lahir anak.  Acara tersebut dihadiri oleh 30 orang yang mayoritas adalah trainees dan selebihnya adalah mahasiswa dan ibu rumah tangga.

Setelah wawancara dengan trainees yang bekerja dibidang pertanian maupun perikanan berlokasi di tempat yang cukup terpencil atau jauh. Mereka mempunyai jam kerja yang agak berbeda dimana kadang-kadang diharuskan bekerja di hari libur. Hal ini yang juga menyebabkan mereka tidak dapat melaporkan diri mereka kepada KJRI Osaka ketika pertama kali tiba di Jepang selain juga tidak ada inisiatif dari perusahaan penyalur maupun perusahaan tempat mereka bekerja.

 Sehubungan dengan hal tersebut, kami akan berupaya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut khusus bagi trainees Indonesia yang bekerja di bidang pertanian maupun perikanan  yang belum terdaftar pada KJRI Osaka dan mengunjungi mereka untuk dapat diberikan pengarahan, pembinaan dan perlindungan.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>