Pertemuan Alumni Penerima Beasiswa Indonesia dan Pertemuan PPI Jepang Barat

 

Dalam rangka menjalin komuniasi dan saling tukar informasi, serta berbagi pengalaman, tanggal 27 Januari lalu KJRI Osaka mengadakan pertemuan dengan para almuni penerima beasiswa Darmasiswa dan Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) di Wisma Indonesia, Kobe. Sebanyak 15 orang alumni Darmasiswa dan 1 orang alumni BSBI hadir dalamm acara ini.

 

Para alumni ini pada umumnya masih dapat berkomunikasi bahasa Indonesia dengan baik, dan sebagian dari mereka memiliki aktivitas yang masih berhubungan dengan Indonesia, seperti pemilik sanggar tari Bali, pemain gamelan Jawa,  dan bekerja pada perusahaan yang berhubungan dengan Indonesia. Mereka sangat senang karena dapat berkumpul dengan teman-teman sesama pecinta Indonesia dan berharap pertemuan semacam ini dapat diadakan secara berkala.

Pada kesempatan yang sama, diadakan pula pertemuan antara para pengurus Perhimpuan Pelajar Indonesia (PPI) wilayah Jepang Barat. Pertemuan ini dihadiri oleh 33 wakil dari masing-masing PPI, yakni dari Korda PPI Kansai, Korda PPI Chugoku, Korda PPI Shikoku, Komsat PPI Osaka-Nara, PPI Kyoto, PPI Kobe, PPI Fukui, PPI Ehime, PPI Hiroshima, PPI Tokushima, PPI Yamaguchi, PPI Kochi, PPI Okyama, dan PPI Shimane.

Dalam pertemuan tersebut, para anggota PPI antara lain membahas mengenai berbagai kegiatan mereka. Untuk program kegiatan tahun 2012, diharapkan antara PPI dan KJRI Osaka dapat terus bersinergi dan meningkatkan kerjasama yang telah terjalin. Seperti yang disampaikan oleh Konjen RI Osaka, Ibnu Hadi, “Pada hakekatnya, menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia serta membangun citra positif Indonesia di luar negeri merupakan tanggung jawab bersama, baik oleh pemerintah dalam hal ini KJRI Osaka maupun oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia.”

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>