Pelayanan Kekonsuleran dan Penyuluhan Hukum di Wisma Indonesia, Kobe

KJRI Osaka kembali mengadakan pelayanan kemasyarakatan dan penyuluhan hukum bagi para pemagang Indonesia di wilayah Hyogo dan sekitarnya. Acara ini diadakan di Wisma Indonesia di Kobe tanggal 22 Januari lalu. Kali ini acara dilakukan bekerjasama dengan IPTIJ (Ikatan Persaudaraan Trainee Indonesia di Jepang) cabang Kansai. Sebanyak 41 pemagang yang berasal dari Osaka, Kobe, Himeji, dan Shiga hadir dalam kesempatan ini.

Kegiatan pelayanan dan penyuluhan rutin ini dilakukan dengan tujuan memberi masukan kepada para para pemagang mengenai pelayanan kekonsuleran KJRI Osaka serta aturan-aturan hukum, khususnya yang terkait dengan ketenagakerjaaan.

Fungsi Konsuler KJRI Osaka menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan isu-isu kekonsuleran, khususnya hal-hal yang terkait pemagang, antara lain mengenai prosedur pelaporan diri, pengesahan barang pindahan, aturan bea cukai tentang barang bawaan impor, tata cara yang benar terkait pengiriman/transfer uang ke Indonesia, dan pelayanan kekonsuleran ”jemput bola” bagi WNI yang tempat tinggalnya jauh dari kantor KJRI.

Sedangkan konsultan hukum KJRI, Mr. Kyosuke Sakai, yang mulai bertugas sejak 1 Desember 2011, menyampaikan beberapa hal terkait aturan ketenagakerjaan di Jepang, seperti kondisi kerja, kompensasi kecelakaan kerja, pemutusan kerja sepihak oleh pihak perusahaan.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para pemagang yang umumnya ingin mengetahui secara jelas kewajiban dan hak mereka.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>