Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Indonesia (UII) dengan Ritsumeikan University

Pada hari Kamis, tanggal 22 Desember 2011 yang lalu, telah ditandatangani kesepakatan kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Indonesia (UII) dengan Ritsumeikan University di Suzaku Campus Ritsumeikan University, Kyoto.

Penandatanganan ini diwakili oleh Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ir. Mohammad Dasron Hamid, M.Sc dan President of Ritsumeikan University, Dr. Kiyofumi Kawaguchi.

Penandatanganan juga disaksikan oleh Konjen RI-Osaka, Ibnu Hadi dan sejumlah pejabat terkait, antara lain Kepala Bidang Kerja Sama BKPM Prov. DIY, Heru Suroso, SH dan KOPERTIS Wilayah V Yogyakarta, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA.

Ritsumeikan University merupakan salah satu universitas swasta ternama di Jepang yang banyak membuka peluang kerja sama secara internasional. Sebelumnya, Ritsumeikan University telah memiliki kerja sama dengan 379 universitas di berbagai negara, termasuk dengan Indonesia. Sampai saat ini tercatat 46 (empat puluh enam) mahasiswa Indonesia yaitu 6 (enam) mahasiswa program sarjana, 39 (tiga puluh sembilan) mahasiswa program pasca sarjana dan 1 (satu) mahasiswa program non gelar yang telah menempuh pendidikan di Ritsumeikan University.

Dengan ditandatanganinya kerja sama ini diharapkan agar mahasiswa maupun tenaga didik Indonesia yang menempuh pendidikan di Jepang khususnya di Ritsumeikan University akan semakin bertambah, dan dapat berdampak pada meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia secara umum.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>