Tukar Informasi Bidang Pariwisata Indonesia – Kansai

Tanggal 26 Oktober lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bekerjasama dengan KJRI Osaka dan Garuda Indonesia perwakilan Osaka mengadakan tukar informasi mengenai pariwisata dengan 7 instansi dan Pemerintah Daerah di wilayah Kansai. Pertemuan diselenggarakan di Rihga NCB, Osaka dan dihadiri oleh sekitar 60 peserta.

Dari Indonesia hadir Direktur Pengembangan Pasar, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan berbagai unsur pemerintah dan swasta yang terkait di bidang pariwisata. Sedangkan dari pihak Jepang hadir pejabat dari Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transpor dan Pariwisata, Pemda Prefektur Osaka, Hyogo, Kyoto, Pemda Kota Osaka dan Sakai, serta dari Japan Travel Association of Travel Agents (JATA).

Pertemuan ini bertujuan untuk mempelajari kebijakan masing-masing daerah dalam menarik wisatawan asing serta untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara.

Dalam pertemuan ini, Direktur Pengembangan Pasar, Sadar Pakarti Budi, antara lain menjelaskan untuk tahun 2011 jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia ditargetkan naik 3% dari jumlah 411.750 orang (tahun 2010).  Ia berharap dapat meningkatkan kerjasama dengan lembaga pemerintah maupun swasta Jepang untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Indonesia.

Menurut beberapa pembicara dari pihak Jepang, salah satu kunci dalam menarik wisatawan asing adalah ketersediaan informasi. Oleh karena itu,  berbagai informasi mengenai daerah wisata Indonesia perlu lebih diperbanyak dan diperluas menggunakan berbagai media.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>