Pagelaran Budaya Univeritas Padjadjaran di Kansai

Dalam rangka mempererat hubungan antarUniversitas serta melakukan pertukaran budaya, mahasiswa Universitas Padjadjaran melakukan kunjungan ke Universitas Ritsumeikan di Shiga dan Kyoto sejak tanggal 6 Oktober. Rombongan tim kesenian UnPad ini terdiri dari 25 mahasiswa, didampingi oleh Pembantu Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan beberapa Dosen.

Selama kunjungan ini, tim Unpad menggelar pertunjukan tari di Biwako Kusatsu Campus yang merupakan salah satu kampus Universitas Ritsumeikan di Prefektur Shiga, serta berpartisipasi dalam acara Kyoto Intercollegiate Festa yang diselenggarakan di kuil Heian Jingu di Kyoto. Pada Intercollegiate Festa yang diadakan tanggal 9 Oktober ini, tim Unpad merupakan satu-satunya Universitas yang berasal dari luar Jepang dan berhasil memperoleh juara ketiga.

Selanjutnya, bekerjasama dengan KJRI Osaka, tim kesenian Unpad menggelar pertunjukan budaya Jawa Barat di gedung OCAT, Osaka (13/10). Dalam pagelaran ini, ditampilkan beberapa tarian seperti tari Merak, tari Topeng, Jaipong, pencak silat dan tari Saman. Meskipun bukan merupakan penari profesional,  tim kesenian mahasiswa Unpad berhasil memukau para penonton yang hadir. Para hadirin pun berharap kegiatan budaya Indonesia semacam ini dapat lebih sering ditampilkan untuk memperkaya pemahaman mereka akan budaya Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>