Sakai ASEAN Week 2011

Melihat suksesnya penyelenggaraan Sakai ASEAN Week tahun lalu, memasuki musim gugur tahun ini kota Sakai kembali menyelenggarakan program Sakai ASEAN Week 2011. Acara ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah kota Sakai dalam rangka mempromosikan hubungan kota Sakai dengan negara-negara ASEAN. Dalam acara yang diselenggarakan sejak tanggal 26 September hingga 9 Oktober ini, perwakilan dari negara-negara ASEAN yakni Filipina, Indonesia, dan Thailand berpartisipasi aktif  untuk mensukseskan kegiatan ini.

Seperti tahun lalu, program Sakai ASEAN Week mencakup kegiatan minkan taishi (duta sipil), forum pelajar, pertunjukan budaya, food fair, dan pameran foto dari negara-negara ASEAN.  Untuk program duta sipil, 2 mahasiswa dengan latar belakang bahasa Jepang didatangkan dari 4 negara ASEAN untuk mempromosikan negara mereka dengan berkunjung ke beberapa sekolah yang ada di kota Sakai, berpartisipasi dalam forum pelajar, mengikuti berbagai kegiatan masyarakat, serta tinggal bersama keluarga Jepang. Selain para mahasiswa, kota Sakai juga mengundang jurnalis surat kabar maupun TV dari masing-masing negara untuk meliput kegiatan dan kota Sakai.

Dalam acara resepsi, Konsul Jenderal RI di Osaka yang hadir untuk menyampaikan sambutan sebagai wakil negara-negara ASEAN mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk mempromosikan negara-negara ASEAN kepada masyarakat Jepang serta untuk mempererat komunitas ASEAN dengan Jepang,  khususnya dengan kota Sakai.

Pada hari terakhir acara Sakai ASEAN Week tanggal 9 Oktober, digelar pertunjukan seni musik dan tari dari negara-negara ASEAN, termasuk pertunjukan dari Jepang. Di sela-sela pertunjukan budaya, warga Sakai yang hadir pun dapat mencicipi masakan dari berbagai negara ASEAN.

Untuk acara budaya ini, Indonesia menampilkan pertunjukan gamelan Jawa oleh kelompok Hana Joss, pertunjukan gamelan dan tari Bali dari kelompok Chandra Baskara yang semuanya beranggotakan warga Jepang pecinta seni Indonesia, serta 2 Sekolah Dasar di Sakai yakni SD Sambo dan SD Ichi yang menampilkan musik angklung. Angklung yang dimainkan oleh kedua SD ini mereka peroleh dari pemerintah Indonesia  tahun lalu.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>