Pentingnya Mempromosikan dan Menghargai Hak Cipta Musik

Perlindungan hak cipta bagi industri musik merupakan hal yang penting mengingat semakin maraknya pelanggaran hak cipta musik melalui download musik secara ilegal. Untuk itu, Sdr. Tedjo Baskoro dan Sdri. Irianti Erningpraja dari Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) hadir sebagai wakil dari Indonesia dalam acara International Symposium Promoting Asian Music and Copyrights Worldwide di Osaka (30/9).

Pertemuan ini diselenggarakan oleh Osaka International House Foundation, dengan para panelis dari Korea Selatan, Vietnam, Malaysia, China, Indonesia dan Jepang, dan dihadiri sekitar 500 orang. Isu yang mengemuka antara lain adalah pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghargai suatu karya cipta dengan benar dan perlunya meningkatkan kesadaran para pencipta musik untuk mendaftarkan karyanya, serta perlunya perlindungan terhadap hak cipta. Melihat kemajuan teknologi yang ada, industri musik pun perlu memikirkan penjualan musik melalui perangkat digital seperti yang dilakukan oleh itunes.

Diharapkan kerjasama dalam perlindungan karya musik di wilayah Asia dapat berkembang dengan baik.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>