Business Gathering dengan Pengusaha Jepang Barat

Pada tgl 30 September 2011 bertempat di Imperial Hotel Osaka, KJRI Osaka menyelenggarakan business gathering dengan 70 anggota Japan-Indonesia Business Association Kansai (JIBAK) dan pengusaha Jepang Barat.

Dalam pembukaannya, Duta Besar RI – Tokyo, H.E. Muhammad Lutfi,  menyampaikan bahwa pada tahun 2014 penduduk Indonesia akan berjumlah 250 juta, dengan GDP per kapita 3,000 US Dollars. Ini berarti potensi yang dapat dimanfaatkan oleh investor Jepang. Dubes RI Tokyo juga menyampaikan hasil kunjungan Menteri METI ke Indonesia minggu lalu, yaitu komitmen sebesar 30 miliar US Dollars untuk Metropolitan Priority Area,untuk pembangunan infrastruktur yang pada akhirnya juga akan menarik para investor Jepang.

Mr. Hajime Kinoshita, ketua JIBAK menyampaikan bahwa pembentukan JIBAK 12 tahun lalu merupakan parakarsa Konsul Jenderal RI pada saat itu. Bapak Yulwis Yatim dan Bapak Ibnu Hadi yang saat itu menjabat sebagai Konsul Ekonomi. Tujuan pendirian JIBAK adalah memberikan wahana tukar pikiran dan informasi bagi pengusaha yang berada di daerah Kansai. JIBAK mempunyai 67 anggota yang terdiri dari 42 anggota perusahaan dan 15 anggota perseorangan. Kondisi perekonomian maupun hukum di Indonesia yang berbeda dengan kondisi pada saat pendirian JIBAK membuat peran JIBAK semakin dibutuhkan untuk memberikan masukan bagi perusahaan-perusahaan yang berbisnis di Indonesia.

Dalam business gathering ini, perwakilan anggota JIBAK, yaitu Chairman Hanwa Kogyo Co.,Ltd dan perwakilan SK Food Co.Ltd juga memberikan pandangannya mengenai manfaat JIBAK.

Acara diakhiri dengan sambutan dan toast olehExecutive Director Osaka Chamber of Commerce and Industry (OCCI), Mr. Yasutsugu Kozuki, serta  ramah-tamah serta perbincangan bisnis dengan Duta Besar RI-Tokyo dan Konsul Jenderal RI-Osaka.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>