Halal Bihalal dan Pelayanan Kekonsuleran di Mie

Warga Indonesia yang berada di Mie hari Jum’at lalu (9/9) berkumpul bersama dalam rangka silaturahmi Idul Fitri 1432 H sekaligus mendapatkan pelayanan kekonsuleran dari KJRI Osaka. Acara ini diadakan di kota Suzuka, Prefektur Mie, dan dihadiri sekitar 80 warga.

Dalam kesempatan ini, Konul Sosial Budaya, Mahendra Yahya, menyampaikan apresiasi terhadap WNI di Mie yang telah membentuk paguyuban bulan Mei 2011 lalu. Diharapkan wadah tersebut dapat berkembang dengan baik dan menjadi forum komunikasi antar WNI di Mie.

Acara juga diisi dengan ceramah agama oleh Uztad Fujiansyah Bahtar dan Anjo yang telah memberikan pencerahan mengenai Idul Fitri dan juga tanya jawab seputar agama Islam dengan sejumlah peserta.

Selain berkumpul bersama, beberapa warga pun melakukan perpanjangan paspor, pelaporan diri, surat keterangan lahir, legalisasi surat keterangan nikah dan  konsultasi mengenai kewarganegaraan anak.

Pada awalnya jumlah WNI yang dapat hadir kurang lebih 150 orang, namun karena banyak yang diharuskan masuk kerja pada hari libur sehingga yang hadir pun berkurang. Hal ini terkait dengan kebijakan pemerintah Jepang yang memberlakukan jam kerja bergantian pada hari libur dalam rangka energy saving.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>