Temu Masyarakat dan Pelayanan Kekonsuleran di Kobe 4 September

Tanggal 4 September lalu, di gedung Sanbo Hall, telah diselenggarakan temu masyarakat Indonesia se-Jepang Barat serta pelayanan kekonsuleran. Berdekatan dengan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 30 Agustus lalu, acara ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi sesama warga Indonesia.

Acara berlangsung dengan sangat meriah dan dihadiri sekitar 400 warga Indonesia, yang berasal tidak hanya dari Kobe, Osaka, Kyoto dan sekitarnya, tetapi ada juga yang datang jauh-jauh dari Hiroshima, Tokushima, Okayama, dll. Sebagian besar dari mereka adalah para pekerja (jishusei), perawat, mahasiswa, dan mereka yang telah berkeluarga di Jepang.

Di salah satu sudut ruangan, para warga yang memiliki kebutuhan kekonsuleran seperti surat keperluan pengurusan paspor, kepulangan, perpanjangan paspor, maupun konsultasi yang berhubungan dengan kekonsuleran pun dilayani oleh petugas dari KJRI Osaka.

Selain mendengarkan penjelasan dari Konsul Jenderal RI Osaka, Ibnu Hadi, dan doa serta tilawah, sambil bersilaturahmi para hadirin juga disuguhkan acara hiburan berupa pertunjukan musik dari masing-masing band yang hadir. Jenis musik yang dipertunjukkan beraneka ragam, mulai dari musik bernuansa rohani,  musik pop, rok, dangdut, dll.

Para hadirin tampak sangat menikmati acara ini karena dapat berkumpul dengan teman-teman dan sesama warga Indonesia yang tinggal berjauhan sambil menikmati penampilan warga Indonesia sekaligus mengurus keperluan kekonsuleran.

[nggallery id=76]

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>