Pagelaran Malam Budaya Indonesia

udaya Indonesia terbukti menarik perhatian masyarakat Jepang yang berada di wilayah Kobe, Osaka, dan sekitarnya. Meskipun cuaca kurang bersahabat akibat datangnya Taifun Talas (Typhoon 12), banyak warga Jepang yang tidak mengurungkan niatnya untuk menghadiri acara Malam Budaya Indonesia yang digelar di Kobe Asahi Hall, Kobe (2/9).

Konsul Jenderal RI Osaka, Ibnu Hadi, menyampaikan bahwa malam budaya ini diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke-66. “Selain menampilkan keindahan dan keragaman seni musik dan tari Indonesia, acara ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan Indonesia dengan Jepang yang selama ini telah terbina dengan baik”, jelas Ibnu Hadi.

Salah satu bentuk kedekatan hubungan antara kedua negara ini antara lain ditunjukkan dengan pertunjukan kolaborasi antara kelompok penabuh genderang Jepang (taiko) dari SMA Akutagawa dengan sanggar gamelan Bali “Chandra Baskara”, maupun dengan kelompok musik arumba “Pasir Bintang”.

Penampilan kelompok taiko SMA Akutagawa yang sangat energik serta pertunjukan gamelan dan tari Bali, musik arumba, gamelan dan tari Jawa yang menawan mampu memukau hampir 500 penonton selama sekitar 2 jam.

Yang cukup menarik pula, hampir seluruh pertunjukan seni Indonesia ini dibawakan oleh warga Jepang. Sebagian besar dari mereka merupakan warga Jepang yang pernah tinggal di Indonesia dan tertarik untuk mendalami budaya Indonesia. Sekembalinya ke Jepang, mereka pun mendirikan atau bergabung dengan sanggar budaya Indonesia yang ada di wilayah Kansai, Jepang Barat.

Selain menonton pertunjukan, 2 orang penonton pun beruntung mendapatkan undian tiket gratis penerbangan Garuda Indonesia dari Osaka ke tempat yang ingin dikunjungi di Indonesia.

“Kami berharap semakin banyak warga Jepang yang tertarik dengan Indonesia dan berminat untuk mengunjungi Indonesia agar bisa melihat dan merasakan sendiri keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia”, ujar Ibnu Hadi.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>