Ajak Pengusaha Jepang Hadiri Trade Expo Indonesia 2011

Tanggal 29 Agustus 2011, KJRI Osaka bersama Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) mengundang sekitar 50 orang wartawan, organisasi ekonomi, dan pengusaha Jepang untuk mendengarkan penjelasan mengenai Trade Expo Indonesia (TEI) 2011 di Rihga Royal Hotel, Osaka.  TEI 2011 merupakan pameran perdagangan terbesar di Jakarta yang tahun ini rencananya akan digelar tanggal 19-23 Oktober 2011.

Acara diawali dengan sambutan Konsul Jenderal RI Osaka, Ibnu Hadi, yang menjelakan mengenai kondisi ekonomi Indonesia terkini dan hubungan antara Jepang dan Indonesia. Selanjutnya, acara dimulai dengan presentasi dari Kepala ITPC, Julia Silalahi, yang menjelaskan secara lebih dalam mengenai TEI 2011 termasuk mengenai produk-produk dan jasa yang ditawarkan Indonesia kepada para pembeli dari luar negeri.

Berikutnya, perwakilan dari perusahaan Konan Shoji Ltd., Tokuko Henry, yang mengimpor beberapa produk dari Indonesia dan memiliki pengalaman menghadiri TEI di Jakarta, menyampaikan presentasi mengenai perdagangan dengan Indonesia. Menurutnya, ada beberapa poin positif yang membedakan Indonesia dengan negara-negara lainnya, seperti jarak yang cukup dekat antara Indonesia dengan Jepang dan proses pengiriman barang yang cukup singkat, adanya Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) yang menunjang kemudahan perdagangan, upah buruh yang cukup rendah, kemudahan berkomunikasi dalam bahasa Inggris maupun Jepang, serta kualitas produk yang cukup baik. Ia juga menjelaskan kiat-kiat  untuk mengikuti TEI. Ditambahkannya bahwa Indonesia yang kaya akan sumber daya alam memiliki prospek bagus untuk berkembang dan menjadi pasar besar.

Sebagai pembicara terakhir, hadir Vice President JAPINTA International, Kunihiko Hashimoto, yang telah lama berhubungan dengan Indonesia dan saat ini baru membuka usaha di Indonesia. Menurutnya, orang Indonesia mudah untuk diajak bekerjasama dan Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun lemahnya infrastruktur menyebabkan sumber daya tersebut belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Ia berharap perdagangan Indonesia dapat terus maju dan menjadi basis produksi ke negara-negara lain.

Dengan pertemuan ini diharapkan para pengusaha Jepang tertarik untuk menghadiri pameran TEI bulan Oktober nanti dan memperluas kerjasama dengan Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>