Sosialisasi UU Kewarganegaraan dan UU Keimigrasian RI di Osaka

Masalah keimigrasian dan kewarganegaraan khususnya bagi mereka yang nikah campur sering menjadi pertanyaan bagi sebagian besar warga Indonesia yang tinggal di luar negeri. Hari Jum’at, 28 Juli lalu, warga negara Indonesia yang tinggal di Osaka dan sekitarnya berkesempatan untuk mendapatkan informasi dari bapak Diar Nurbintoro, Direktur Hukum Kementerian Luar Negeri RI, mengenai UU no.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan RI dan UU no.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Acara ini diselenggarakan di International House Osaka dan dihadiri sekitar 50 warga Indonesia.

UU no.6/2011 ini merupakan UU keimigrasian yang antara lain mengatur tentang pernikahan campur. UU ini memang masih sangat baru sehingga peraturannya hingga saat ini masih dibahas oleh beberapa Kementerian terkait. Namun demikian, WNI khususnya yang berada di luar negeri perlu mengetahui UU ini agar lebih memahami dan mengikuti peraturan-peraturan yang terkait dengan keimigrasian.

Selain mendengarkan sambutan dan paparan dari pembicara, warga yang hadir dalam acara ini pun banyak melontarkan berbagai pertanyaan, mulai dari masalah dwikewarganegaraan bagi anak yang memiliki orang tua yang salah satunya adalah non-WNI, syarat-syarat bagi suami/istri yang merupakan warga negara asing dan ingin tinggal di Indonesia, syarat-syarat untuk menjadi WNI, surat keterangan lahir, surat nikah, hingga pengurusan visa untuk tinggal di Jepang. Sebagian pertanyaan dijawab oleh pembicara dari Kemlu RI, sedangkan sebagian lagi yang khususnya menyangkut pertanyaan mengenai Jepang  dijawab oleh perwakilan dari Fungsi Protokol Konsuler dan Atase Imigrasi KBRI Tokyo yang juga hadir dalam acara ini.

Setelah acara ditutup, beberapa warga yang masih memiliki pertanyaan seputar keimigrasian dan kewarganegaraan pun dapat bertanya langsung dengan nara sumber sambil berbincang-bincang santai. Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat Indonesia yang berada di Jepang bisa lebih mengetahui hak-hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Kegiatan, Nusantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>